Berita Baik untuk Pengidap Kolesterol, Zat Lilin Bisa Kabur dengan 8 Minuman Herbal I



MINUMAN HERBAL UNTUK KOLESTEROL Simak daftar minuman herbal untuk kolesterol. Minuman herbal untuk kolesterol bisa dikonsumsi jika Anda merasakan tanda-tanda kolesterol. Salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dilihat di kaki.

Minuman herbal untuk kolesterol bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tentunya, minuman herbal untuk kolesterol ini harus dikonsumsi rutin jika ingin merasakan manfaatnya.

Meski bisa menjadi pengobatan alternatif, minuman herbal untuk kolesterol ini bukan sebagai pengganti obat dokter. Anda harus tetap mengikuti petunjuk dokter jika ingin menurunkan kolesterol tinggi.


Lalu, apa saja minuman herbal untuk kolesterol?

Dirangkum dari Kompas.com, berikut daftar minuman herbal untuk kolesterol:

1. Cokelat hitam

Minuman herbal untuk kolesterol yang kelima adalah cokelat hitam. Minuman dari cokelat hitam alias dark chocolate mengandung kakao. Minuman yang satu ini juga kaya antioksidan yang disebut flavanol yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015, mengonsumsi 450 mg minuman cokelat dua kali sehari selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca Juga: Daftar 5 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

2. Jus mentimun

Minuman herbal untuk kolesterol yang keenam adalah jus mentimun. Melansir Times of India, mentimun mengandung pektin yang tinggi. Pektin merupakan jenis serat larut air yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, mengeluarkan racun di dalam tubuh (detoks) hingga menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, mentimun juga berkhasiat dalam mencegah naiknya kadar gula darah jika dikonsumsi tanpa tambahan gula.

3. Teh hijau dan teh hitam

Minuman herbal untuk kolesterol yang pertama adalah teh hijau atau teh hitam. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin. Senyawa tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada teh juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

Selain teh hijau, kita juga dapat menikmati sedikit manfaatnya dari teh hitam. Tapi, efeknya tidak akan semaksimal saat mengonsumsi teh hijau, karena kandungan antioksidannya tidak setinggi teh hijau.

Baca Juga: 5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie