Berkat Inovasi, Aset ASDP Indonesia Ferry Naik Jadi Rp 11,05 Triliun pada 2023



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Aset PT ASDP Indonesia Ferry, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi penyeberangan, mengalami peningkatan signifikan sebesar 34,48% atau sekitar Rp 2,8 triliun, menjadi Rp 11,05 triliun pada tahun 2023. 

Kenaikan ini terutama didorong oleh berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menjelaskan bahwa lonjakan aset ini terjadi dalam kurun waktu dua tahun, di mana pada akhir 2021 aset perusahaan tercatat sebesar Rp8,22 triliun.


“Pada 2019, ASDP hanya memiliki 53 kapal penyeberangan yang beroperasi di 21 lintasan jarak dekat dan 3 lintasan jarak jauh. Kini, jumlah armada telah meningkat menjadi 219 unit, menjadikan ASDP sebagai operator penyeberangan dengan armada terbesar di Indonesia,” ujar Shelvy dalam keterangannya, Selasa (3/9).

Selain peningkatan aset, liabilitas ASDP juga mengalami kenaikan dari Rp 1,31 triliun pada 2021 menjadi Rp 2,67 triliun pada Desember 2023. Ekuitas perusahaan pun tumbuh 21,39%, mencapai Rp8,38 triliun per akhir 2023.

Laba bersih yang diatribusikan kepada entitas induk ASDP melonjak 88,49%, dari Rp325,45 miliar pada Desember 2021 menjadi Rp613,45 miliar pada Desember 2023. 

Shelvy menyatakan bahwa peningkatan kinerja keuangan ini merupakan hasil dari strategi efisiensi dan optimalisasi operasional yang diterapkan oleh manajemen.

“Kami melihat tren positif dalam kinerja keuangan sebagai hasil dari komitmen untuk terus mengoptimalkan operasional layanan, sehingga perusahaan mampu melayani kepentingan publik dengan lebih baik,” ungkap Shelvy.

ASDP saat ini melayani sekitar 290 rute penyeberangan di seluruh Indonesia, dengan 70% di antaranya merupakan rute perintis yang menghubungkan daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Sisanya, 30%, merupakan rute komersial yang mendukung operasional rute perintis.

Dengan inovasi yang dilakukan, terutama dalam transformasi digital seperti sistem pemesanan tiket online dan manajemen operasional berbasis teknologi, ASDP berhasil meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya.

Pencapaian ini membuktikan keberhasilan strategi perusahaan dalam meningkatkan layanan dan operasional. ASDP berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli