Berkat teknologi Virtual Reality, jalan-jalan ke luar angkasa bisa virtual



KONTAN.CO.ID - Berkat teknologi Virtual Reality (VR), Anda bisa jalan-jalan di luar angkasa secara virtual. Tak perlu jauh-jauh ke luar angkasa, Anda bisa menikmati pengalaman layaknya jalan-jalan ke luar angkasa dengan teknologi VR.

Luar angkasa, mendengar tempat tersebut sepertinya tidak semua orang bisa merasakan bagaimana rasanya berada di situ. Tetapi buat Anda yang mungkin penasaran dengan luar angkasa, hal tersebut bisa Anda lakukan segera.

Tak perlu pergi ke luar angkasa, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan device atau perangkat tambahan bernama Virtual Reality (VR). 

Mengutip dari Engadget, sebuah studio bernama Felix & Paul Studios bakal menyematkan kamera VR dan memasangnya ke robot Canadarm2 untuk menangkap pemandangan 360 derajat 3D dari luar stasiun luar angkasa.

Canadarm2 sendiri merupakan sistem robot dan peralatan yang terkait di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kamera luar angkasa Felix & Paul merupakan versi khusus dari Z-Cam V1 Pro yang tersedia secara komersial. Kamera tersebut memiliki sembilan sensor 4K yang dapat mengambil gambar 3D, 360 derajat pada resolusi 8K. 

Baca Juga: Baru ditemukan, inilah asteroid tercepat di tata surya

Kamera tersebut juga telah dimodifikasi untuk tahan terhadap kondisi yang ekstrem sekali pun. Termasuk radiasi sinar ultraviolet (UV), suhu ekstrem, dan dampak dari mikrometeoroid.

Tim dari Feilx & Paul bakal menempelkan kamera tersebut pada lengan robot Canadarm2, yang bergerak di sekitar struktur eksternal stasiun.

Penjelajahan luar angkasa dengan teknologi Virtual Reality ini merupakan bagian dari produksi seri Space Explorers: The ISS Experience, kerja sama antara Felix & Paul dan TIME.

"Mengambil gambar Bumi dalam 3D stereoskopik, format 360 derajat dari luar angkasa, di luar stasiun luar angkasa, belum pernah dicoba sampai sekarang. Sangat menarik dan seperti tidak nyata untuk melihat ini terjadi, mengetahui bahwa impian proyek ambisius ini dimulai lebih dari lima tahun yang lalu.

Tepatnya tahun 2015."

Ujar Jonathan Woods, selaku produser eksekutif serial tersebut untuk Time Studios (salah satu bagian di balik proyek tersebut, bersama dengan NASA).

Dalam episode terbarunya, yakni 3 & 4 akan tersedia pada musim gugur dan musim dingin tahun ini. Masing-masing dalam format seluler 360 derajat pada perangkat berkemampuan 5G melalui operator terkemuka di seluruh dunia. 

Berikut operator yang mendukung 5G di beberapa negara, seperti LGU + di Korea Selatan, KDDI di Jepang, Orange di Prancis, dan Deutsche Telekom di Jerman.

Untuk menikmati pengalaman jalan-jalan di luar angkasa yang imersif ini, Anda membutuhkan perangkat VR, seperti Oculust Rift, Quest, dan Quest 2.

Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi luar angkasa dengan pengalaman yang imersif lewat teknologi VR?

Selanjutnya: Mengenal asteroid, meteor, dan komet, ini perbedaannya