Berlin Serukan Iran dan Pihak Lain agar Mencegah Ketegangan di Timur Tengah



KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pemerintah Jerman telah meminta semua pihak dalam konflik Timur Tengah, khususnya Iran, untuk mencegah eskalasi.

Imbauan tersebut dirilis setelah serangan roket di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel menewaskan 12 anak-anak dan remaja minggu lalu. 

Melansir Reuters yang mengutip seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, Berlin menganggap dengan pasti bahwa serangan mematikan di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan dilakukan oleh Hizbullah yang berbasis di Lebanon, yang didukung oleh Iran.


Dia menambahkan, tindakan baru-baru ini oleh milisi Houthi yang berbasis di Yaman, yang juga didukung oleh Iran, juga telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ketidakstabilan di kawasan tersebut dalam beberapa minggu terakhir.

Serangan selama akhir pekan telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di kawasan tersebut, di mana ketegangan telah meningkat karena perang Israel di Gaza, yang dimulai lebih dari sembilan bulan lalu.

Baca Juga: KBRI Beirut Minta WNI di Lebanon Waspada Saat Israel dan Hizbullah Memanas

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock telah berbicara dengan beberapa orang termasuk mitranya dari Lebanon dalam upaya untuk memitigasi situasi dan mencegah peningkatan eskalasi.

Juru bicara tersebut juga mengatakan, warga negara Jerman di Lebanon, yang diperkirakan berjumlah sekitar 1.300 orang, "sangat disarankan" untuk segera meninggalkan negara itu selagi masih memungkinkan.

Baca Juga: Iran Peringatkan Konsekuensi Serius atas Serangan Israel Atas Lebanon

"Kami sangat prihatin dengan situasi warga Jerman di lapangan dan sedang mempersiapkan apa yang perlu dipersiapkan," tambahnya.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie