Berpotensi menguat



JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mengawali pekan dengan kondisi menghijau. IHSG naik 0,21% ke 4.590,54. Sektor infrastruktur memimpin kenaikan dengan menguat 2,11%. Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,1% ke 142,81.

Analis Trust Securities, Yusuf Nugraha mengatakan, sentimen domestik maupun eksternal mendukung IHSG menguat kemarin. “Indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) yang turun disambut positif pelaku pasar,” ujar dia. Sebab muncul spekulasi bahwa The Fed tetap mempertahankan stimulus.

Analis Minna Padi Investama, Andre Setiawan menilai, tidak beroperasinya (shutdown) pemerintahan AS beberapa waktu lalu membuat rilis data ekonomi menjadi kurang bisa diandalkan. Sehingga, pengurangan stimulus (tapering) baru dilakukan di 2014.


Sementara itu, kinerja emiten kuartal III terlihat positif. Selain itu, pelaku pasar sudah tidak khawatir akan potensi kenaikan suku bunga. Sebab menurut Yusuf, pada September Indonesia mengalami deflasi.

Secara teknikal Andre melihat, IHSG akan menguat di support 4.470-4.540 dan resistance 4.660-4.791. Sementara Yusuf memproyeksikan, di area 4.580-4.600.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana