Bersiap Pemogokan Kerja Panjang, Boeing Berhentikan Sementara Ribuan Karyawan



KONTAN.CO.ID - Boeing akan memberhentikan sementara puluhan ribu karyawan setelah sekitar 30.000 karyawan melakukan pemogokan pada hari Jumat, menghentikan produksi 737 MAX dan pesawat terbang lainnya.

"Kami akan memulai pemberhentian sementara selama beberapa hari mendatang yang akan berdampak pada sejumlah besar eksekutif, manajer, dan karyawan yang berkantor pusat di AS," kata CEO Kelly Ortberg dalam email kepada karyawan. 

"Kami berencana untuk memberikan cuti selama satu minggu setiap empat minggu secara bergilir selama pemogokan berlangsung."


Ortberg juga mengatakan bahwa ia dan para pemimpin Boeing lainnya akan menerima pengurangan gaji yang sepadan selama pemogokan berlangsung.

Pemberhentian sementara yang ekstensif menunjukkan bahwa Ortberg sedang mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi pemogokan yang berkepanjangan yang kemungkinan tidak akan mudah diselesaikan mengingat kemarahan di antara para pekerja biasa. 

Baca Juga: 10 Pulau Terbesar di Dunia, Tiga di Antaranya Ada di Indonesia

Aksi mogok kerja ini merupakan yang pertama bagi Boeing sejak 2008, menambah tahun yang penuh gejolak bagi pembuat pesawat itu yang dimulai ketika panel pintu pesawat 737 MAX baru terlepas di udara pada bulan Januari.

Perang buruh yang berlarut-larut dapat merugikan Boeing beberapa miliar dolar, yang selanjutnya membebani keuangan dan mengancam peringkat kreditnya, kata para analis.

"Tidak mungkin pemotongan itu akan sepenuhnya mengimbangi biaya pemogokan yang berkepanjangan," kata Ben Tsocanos, direktur kedirgantaraan di S&P Global Ratings.

Boeing dan Asosiasi Pekerja Mesin dan Dirgantara Internasional (IAM) berunding di hadapan mediator federal. 

Serikat pekerja itu mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka frustrasi dengan hari pertama mediasi, yang menurut mereka tidak ditanggapi serius oleh Boeing.

"Ini hanya bagian dari rencana mereka untuk membuatnya tampak seperti mereka mencoba menghemat uang," tambah Bryant yang berada di daerah Seattle untuk berunjuk rasa pada hari Rabu bersama anggota lainnya. 

"Bola ada di tangan Boeing. Mereka bisa menyelesaikan pemogokan ini besok," kata Bryant, seraya menambahkan bahwa hal itu akan membutuhkan gaji yang layak, pensiun, pengembalian bonus, dan asuransi kesehatan.

Dalam email kepada karyawan, Ortberg mengatakan perusahaan tidak akan mengambil tindakan apa pun yang menghambat kemampuan kami untuk pulih sepenuhnya di masa mendatang. Semua aktivitas yang penting bagi keselamatan, kualitas, dukungan pelanggan, dan program sertifikasi utama kami akan diprioritaskan dan dilanjutkan, termasuk produksi 787.

Boeing mempekerjakan sekitar 150.000 orang di Amerika Serikat. 

Tidak jelas karyawan mana saja yang terkena dampak cuti paksa tersebut. Serikat pekerja yang mewakili teknisi Boeing mengatakan anggota mereka tidak terkena dampak.

Baca Juga: Alaska Airlines Resmi Akuisisi Hawaiian Airlines Senilai US$ 1,9 miliar

Pemogokan yang telah berlangsung selama enam hari itu juga membawa risiko bagi jaringan pemasok perusahaan yang luas, beberapa di antaranya juga mempertimbangkan cuti paksa, beberapa di antaranya mengatakan kepada Reuters.

"Pastinya para pemasok khawatir," kata Nikki Malcom, CEO Pacific Northwest Aerospace Alliance. "Ini akan berdampak signifikan pada para pemasok jika berlangsung lama."

PENGHENTIAN PRODUKSI

Pemogokan tersebut telah menghentikan produksi jet 737 MAX terlaris Boeing, beserta pesawat berbadan lebar 777 dan 767, sehingga menunda pengiriman ke maskapai penerbangan.

Boeing mengatakan pada hari Senin bahwa mereka membekukan perekrutan untuk memangkas biaya karena neraca keuangannya telah dibebani utang sebesar US$60 miliar. 

Boeing juga berhenti memesan sebagian besar suku cadang untuk semua program jet Boeing kecuali 787 Dreamliner, dalam sebuah langkah yang akan merugikan para pemasoknya.

Seorang pemasok senior menepis pengumuman terbaru tersebut sebagai "mode panik" dan mengatakan hal itu menggarisbawahi kurangnya ruang gerak Boeing karena neraca keuangannya yang sudah tegang.

"Mereka lebih baik berdamai; mereka sudah sangat dekat dengan jurang," kata pemasok tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Saham Boeing telah jatuh sekitar 40% sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Raja Malaysia Bakal Sambangi China, Hal Ini yang Jadi Incaran

Selanjutnya: Harga Emas Pegadaian 19 September Bergerak Fluktuatif

Menarik Dibaca: Harga Emas Pegadaian 19 September Bergerak Fluktuatif

Editor: Tri Sulistiowati
TAG: