JAKARTA. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus memperbanyak kanal distribusi produk lewat bank (bancassurance). Setelah bermitra dengan Bank UOB Buana Januari silam, kini perusahaan asuransi yang berpusat di Inggris ini menjalin kerjasama dengan Bank Permata. Melalui Bank Permata, Prudential akan memasarkan produk asuransi jiwa berbalut investasi atau unitlink bernama PRESTIGElink Assurance Account. “Produk ini khusus dipasarkan bagi nasabah PermataBank,” kata Presiden Direktur Prudential Life Kevin Holmgren, di sela-sela acara peluncuran produk, Selasa (2/3). Kevin berharap, lewat sinergi tersebut penetrasi Prudential di pasar asuransi jiwa di Indonesia makin dalam. “Ini merupakan kerjasama strategis karena dapat memperluas jangkauan kami di pasar,” jelasnya.
Sepanjang tiga tahun terakhir, potensi jalur bisnis kemitraan, termasuk bancassurance, di Prudential menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan, yakni 300%. “Pertumbuhan yang pesat ini mendorong kami untuk terus mengoptimalkan bisnis ini. Kami berharap ke depan jalur distribusi ini tetap memberikan hasil yang maksimal,” kata Kevin. Bank Permata sendiri merupakan mitra bancassurance Prudential yang keenam. Bank-bank lain yang digandeng Prudential adalah Bank Danamon, Citibank, UOB Buana, dan Standard Chartered. Hingga kuartal III tahun 2009, bisnis bancassurance Prudential mampu membukukan pendapatan premi sekitar Rp 109 miliar.