Besok, ada sidkab bahas paket kebijakan



JAKARTA. Pemerintah diburu dengan realisasi paket kebijakannya untuk mendorong pertumbuhan. Untuk itu, pemerintah akan melakukan sidang kabinet besok (2/9) untuk membahas paket kebijakan tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah mengkaji seluruh peluang untuk mengeluarkan kebijakan yang bisa mendorong ekonomi.

Untuk ESDM sendiri akan fokus pada dua hal yaitu apa yang bisa mengundang investasi dan apa yang bisa mendorong kegiatan ekonomi ril di lapangan.


Untuk membahas paket kebijakan ini, Sudirman bilang Rabu (2/9) akan ada sidang kabinet. Dalam sidang tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution akan menyampaikan poin-poinnya.

"Kemungkinan Kamis (3/9) akan disampaikan framework-nya dan secara berkala diumumkan detilnya," ujarnya, Selasa (1/9).

Sebelumnya, Menko Darmin menjelaskan paket kebijakan yang akan keluar nantinya menyangkut bagaimana membuat industri bangkit kembali. Kebijakan yang satu ini terkait dengan kementerian perdagangan.

Selain sektor industri, pemerintah juga akan mengeluarkan paket tentang permasalahan pangan terutama impor daging dan sektor keuangan. Untuk sektor keuangan, pemerintah akan mengeluarkan 6-8 instrumen kebijakan.

Ketika ditanyakan gambaran kebijakannya akan seperti apa, Darmin masih enggan memberi tahu. Yang jelas, paket tersebut ada yang sudah siap dan ada yang sedang dalam proses antara 1 minggu-3 minggu. "Kita usahakan ada yang diumumkan minggu ini," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto