Besok, Jokowi Akan Berkantor di Istana Kepresidenan IKN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di istana kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (29/7).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana mengatakan, pada hari ini (28/7) presiden dan ibu negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara.

"Besok beliau akan berkantor di kantor presiden di Ibu Kota Nusantara," ujar Yusuf dalam keterangannya, Minggu (28/7).


Dalam kunjungan kerja ke IKN, Presiden Jokowi antara lain akan melakukan peresmian Jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan tol IKN, dan peninjauan kantor presiden dan istana negara.

Baca Juga: Kereta Otonom ART Sudah Tiba di IKN, Diuji Coba Bulan Depan

"Serta melakukan peninjauan lainnya termasuk pengecekan Kesiapan tempat Upacara HUT RI dan Sarana serta prasarana pendukung lainnya," jelas Yusuf.

Presiden Jokowi akan didampingi Menteri PUPR/Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wamen ATR/Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, dan pejabat lainnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga menjelaskan, tol dari Balikpapan menuju IKN ditargetkan dapat difungsikan pada 17 Agustus 2024 nanti. 

Danis menambahkan, di IKN sudah ada sumber air baku, selain itu ada sumber lain yaitu Bendungan Sepaku Semoi. Kapasitasnya secara teknis di Intake Sepaku adalah 3000 liter per detik. Sedangkan Bendungan Sepaku Semoi adalah 2.500 liter per detik.

Untuk tahap satu, sumber air baku yang akan digunakan bersumber dari Intake Sepaku. Air bersih untuk IKN akan disuplai dari Sungai Sepaku, diolah di SPAM Intake Sepaku, dan didistribusikan ke setiap unit di Nusantara.

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pemasangan bilah sayap burung garuda kantor presiden di IKN.

Baca Juga: Perusahaan Gas Negara (PGAS) Ujicoba Penyaluran Gas ke Hotel Nusantara di IKN

Hal ini merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN. 

"Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4650," ujar Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari