Besok, Komjen Sutarman akan dilantik jadi Kapolri



JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Sutarman menjadi Kepala Kepolisian (Kapolri) menggantikan Jenderal (Pol) Timur Pradopo yang akan pensiun pada Januari 2014 mendatang. Berdasarkan jadwal yang diterima KONTAN, pelantikan Sutarman akan dilangsungkan di Istana Negara. Presiden akan mengambil sumpahnya pada pukul 15.00 WIB, besok, Jumat (25/10). Pelantikan Sutarman akan dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, dan Menteri Kabinet, para petinggi lembaga negara dan petinggi kepolisian. Seperti diketahui, DPR akhirnya menyetujui Sutarman menjadi Kapolri setelah melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan.

Sutarman dinilai bisa menjadi orang nomor satu di korps Bhayangkara tersebut. Sutarman diajukan oleh Presiden SBY sebagai calon tunggal kapolri baru ke Senanyan. Menurut SBY, Sutarman merupakan calon yang diusulkan dari Kompolnas dan Kapolri. Selain itu, berdasarkan pertimbangannya, Sutarman sudah berpengalaman dan termasuk perwira senior di kepolisian.

SBY berharap Sutarman bisa melakukan konsolidasi internal di tubuh kepolisian untuk mengamankan pemilihan umum tahun 2014 mendatang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan