BI belum terima secara formal rencana akuisisi Bank Maspion



JAKARTA. Kabar rencana China Construction Bank Corp mengakuisisi PT Bank Maspion Indonesia belum sampai ke Bank Indonesia (BI) secara resmi."China Construction Bank belum memasukkan secara formal rencana itu," ujar Direktur perijinan dan informasi perbankan BI Joni Swastanto, Kamis (11/8).

Dia juga menambahkan, sampai akhir tahun nanti, BI tidak akan menerima akuisisi untuk investor asing. "Tunggu aturannya keluar dulu," ujar Joni.

Asal tahu saja, belakangan ini beredar rumor yang mengatakan Bank Maspion akan diakuisisi oleh China Construction Bank. Bloomberg menulis, Bank Maspion akan melego lebih dari 50% sahamnya kepada bank asal Negeri Panda itu. Sayang, sumber Bloomberg belum merinci lebih jauh mengenai masalah tersebut karena akuisisi bersifat rahasia.


Dengan melepas sahamnya ke mitra strategis, Bank Maspion yang berbasis di Surabaya ini akan menggunakan dana hasil penjualan sahamnya untuk membiayai bisnis perusahaan katering sedang dan menengah.

Sementara itu, China Construction Bank juga belum memberikan keputusan yang mengikat, mengingat bulan lalu otoritas perbankan Indonesia menyatakan akan mengatur masalah kepemilikan asing di perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie