KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi pembelian produk halal di e-commerce makin meningkat pada tahun 2022. Bank Indonesia (BI) mencatat, total nilai transaksi produk halal di e-commerce dari Januari hingga November 2022 sebesar Rp 20,45 triliun atau naik 29,93% secara tahunan atau year on year (yoy). Dalam buku Kajian Keuangan dan Ekonomi Syariah Indonesia 2022 yang terbit awal bulan ini, tergambar industri e-commerce memang mendapat momentum pertumbuhan yang ciamik di tengah pandemi Covid-19.
Baca Juga: Akselerasi Ekonomi Syariah untuk Pemulihan Ekonomi Melalui Tiga Langkah Transaksi e-commerce makin meluas ke berbagai lapisan masyarakat dan bahkan menjadi kebiasaan baru. Tak terkecuali, dalam pembelian produk halal. Lonjakan transaksi pembelian produk halal di e-commerce terjadi pada April 2022, karena faktor musiman, yaitu menjelang bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Berdasarkan produknya, transaksi produk halal di e-commerce didominasi produk fesyen muslim dengan pangsa mencapai 73,86% dari total nominal transaksi e-commerce. Jumlah transaksi tersebut naik 19,73% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Baca Juga: Bankir Yakin Kredit Konsumer Tumbuh Optimal Sampai Penghujung Tahun