KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan chatbot Layanan Informasi Bank Indonesia (LISA) melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger. Chatbot LISA ini merupakan layanan operasional robot dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan teks. "Peluncuran chatbot LISA merupakan suatu bentuk terobosan baru/inovasi layanan informasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait BI," ujar Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono, dalam peluncuran chatbot LISA secara virtual. Doni juga menyampaikan, ini merupakan salah satu bentuk komitmen bank sentral untuk memberikan layanan informasi. BI mengaku akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.
Chatbot LISA menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik Bank Indonesia, untuk saat ini terkait Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard (QRIS), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya. Baca Juga: Mulai besok, Bank Indonesia buka kembali layanan penukaran uang