BI nyaman dengan kondisi rupiah saat ini



JAKARTA. Nilai tukar mata uang Garuda masih betah bertengger pada level Rp 12.300 per dolar Amerika Serikat (AS) kemarin (9/12). Bank Indonesia (BI) mengaku nyaman dengan kondisi rupiah pada saat ini.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan pergerakan nilai tukar yang terjadi sekarang ini lebih karena pengaruh kekuatan global, yaitu ekonomi AS yang kecenderungan tingkat bunganya menguat. Hal ini berimbas pada negara lain termasuk Indonesia.

Secara umum, BI melihat mata uang global hingga kemarin secara year to date (ytd) mengalami depresiasi. Mata uang Jepang yaitu Yen depresiasinya mencapai 15%, Malaysia yaitu Ringgit mencapai 6%, dan Indonesia yaitu rupiah sebesar 1,5%. "Jadi secara umum masih sejalan dengan kondisi regional dan bahkan tidak sedalam kondisi negara-negara lain. BI nyaman dengan kondisi ini dan BI mengantisipasi kondisi yang mungkin akan kita waspadai karena ada satu trend menguatkan nilai tukar dolar," ujar Agus di Jakarta, Rabu (10/12).


Sekedar gambaran, nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI pada hari ini (10/12) berada pada level Rp 12.336 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie