BI optimistis tren perbaikan ekonomi Indonesia terus berlanjut



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) melihat kalau perbaikan perekonomian global terus berlanjut, setelah pada kuartal III-2020 telah tumbuh lebih baik. 

“Pertumbuhan ekonomi dunia pada kuartal III-2020 di banyak negara mulai membaik didorong oleh stimulus kebijakan dan peningkatan mobilitas,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (19/11). 

Perry pun memberi contoh, seperti perekonomian China yang nampak tumbuh positif. Sementara perbaikan perekonomian Amerika Serikat (AS), kawasan Eropa, dan Jepang juga nampak lebih tinggi dari perkiraan awal. 

Selain itu, sejumlah indikator dini pada Oktober 2020 juga menunjukkan berlanjutnya perbaikan ekonomi global, seperti peningkatan mobilitas masyarakat, belranjutnya ekspansi PMI manufaktur dan jasa di AS dan China, serta membaiknay keyakinan konsumen dan bisnis di AS dan kawasan Eropa. 

Baca Juga: Doni Monardo: Ulama harus jadi teladan tegakkan protokol kesehatan

Ke depan, perbaikan perekonomian global diperkirakan akan berlanjut didukung oleh peningkatan volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. 

Sementara itu, ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun juga didorong oleh ekspektasi positif terhadap prospek perekonomian global dan meredanya ketidakpastian akibat pemilu AS. 

“Perkembangan ini kembali meningkatkan aliran modal ke negara berkembang dan mendoorng penguatan mata uang berbagai negara, termasuk Indonesia,” tandas Perry. 

Selanjutnya: Pemerintah akan melelang 5 seri SBSN dengan target Rp 10 triliun pada Selasa (24/11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli