BI: Pendapatan Konsumen Untuk Konsumsi Tercatat Menurun pada Agustus 2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat, proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) menurun pada Agustus 2024.

Proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi tercatat sebesar 73,5%, turun tipis dari  bulan sebelumnya sebesar 73,8%. Proporsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun pada tingkat pengeluaran Rp 1 juta-Rp 2 juta atau mencapai 73,5% dari bulan sebelumnya sebesar 76,5%, serta pengeluaran Rp 2,1 juta-Rp 3 juta, mencapai 73,1% dari bulan sebelumnya sebesar 74,3%. 

Meski begitu, BI mencatat kondisi keuangan konsumen pada Agustus 2024 relatif stabil. proporsi pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio), dan proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio).


Baca Juga: Daya Beli Menurun, Ekonom: Konsumsi Rumah Tangga Bakal di Bawah 5% pada Kuartal III

Proporsi pembayaran cicilan/utang tercatat sebesar 10,9% atau naik tipis dari bulan sebelumnya sebesar 10,7%, dan pendapatan konsumen yang disimpan tercatat sebesar 15,7%, naik tipis dari bulan sebelumnya sebesar 15,5%.

Porsi cicilan pinjaman terhadap pendapatan terindikasi meningkat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta-Rp 4 juta. Sedangkan pengeluaran di atas Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta ke atas tercatat menurun.

Selanjutnya: Daya Beli Menurun, Ekonom: Konsumsi Rumah Tangga Bakal di Bawah 5% pada Kuartal III

Menarik Dibaca: Gandeng KIRA, SM+ Bakal Kembangan Pusat Data Mutakhir di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati