BI: Tahun ini PDB akan tumbuh 5,7%



JAKARTA. Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tahun ini mencapai 5,7%. Proyeksi terbaru dari bank sentral itu sesuai dengan proyeksi BI sebelumnya, yakni tumbuh 5,5% - 5,9%.

Perry Warjiyo Deputi Gubernur BI bilang, untuk tahun 2014, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan naik kembali ke level 6%. Kenaikan proyeksi PDB tahun depan dipicu oleh meningkatnya pengeluaran untuk pelaksanaan pemilu 2014.

Warjiyo mengatakan, proyeksi inflasi tahun ini diyakini akan ada di bawah 8,9% dan masih sesuai dengan target semula, yakin di kisaran 9%-9,8%.


Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III 2013 tumbuh sebesar 5,6%. Pertumbuhan ini merupakan yang paling lemah sejak empat tahun terakhir.

Selain melemahnya ekspor, perlambatan pertumbuhan PDB terjadi karena meredupnya permintaan di pasar domestik. Sampai dengan Oktober, inflasi tahunan tercatat sebesar 8,32%, sedangkan untuk inflasi bulanan naik tipis 0,09% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri