JAKARTA. Tahun ini, harga barang bakal semakin mahal karena ada potensi kenaikan biaya distribusi. Kian mahalnya biaya distribusi merupakan imbas keterlambatan pengiriman barang akibat terlalu lama ada di pelabuhan. Catatan PT Pelindo II, hingga tahun 2015 mendatang akan terjadi peningkatan trafik kontainer sekitar 160%, akibat perluasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, baru rampung tahun 2014. Kondisi ini akan memperlama arus bongkar muat atau dwelling time di pelabuhan itu. Tahun 2010, dwelling time di Tanjung Priok mencapai 4,8 hari. Tahun 2013, durasinya naik menjadi 6,4 hari. Menurut hasil studi Bank Dunia dan Institut Teknologi Bandung (ITB), sebesar 58% penyumbang arus bongkar muat lama terletak pada proses pre-clearance.
Biaya distribusi semakin mahal
JAKARTA. Tahun ini, harga barang bakal semakin mahal karena ada potensi kenaikan biaya distribusi. Kian mahalnya biaya distribusi merupakan imbas keterlambatan pengiriman barang akibat terlalu lama ada di pelabuhan. Catatan PT Pelindo II, hingga tahun 2015 mendatang akan terjadi peningkatan trafik kontainer sekitar 160%, akibat perluasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, baru rampung tahun 2014. Kondisi ini akan memperlama arus bongkar muat atau dwelling time di pelabuhan itu. Tahun 2010, dwelling time di Tanjung Priok mencapai 4,8 hari. Tahun 2013, durasinya naik menjadi 6,4 hari. Menurut hasil studi Bank Dunia dan Institut Teknologi Bandung (ITB), sebesar 58% penyumbang arus bongkar muat lama terletak pada proses pre-clearance.