Biaya Hidup di Jakarta Mencapai Rp 14,88 Juta Sebulan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022, yang mengidentifikasi pola konsumsi masyarakat terkini. 

Hasil SBH 2022 menunjukkan, ada sepuluh kota dengan rata-rata biaya hidup termahal di Indonesia. Dengan peringkat pertama adalah kota Jakarta.

“Ada sepuluh kota dengan nilai konsumsi rata-rata per rumah tangga tertinggi. Paling tinggi adalah DKI Jakarta dengan nilai konsumsi Rp 14,88 juta sebulan,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini, Selasa (12/12). 


Baca Juga: Pemerintah Waspadai Inflasi Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Sedangkan di posisi kedua, ada kota Bekasi dengan rata-rata biaya hidup sebesar Rp 14,33 juta per bulan. Posisi ketiga disusul dengan kota Surabaya dengan rata-rata biaya hidup sebesar Rp 13,4 juta per bulan. 

Keempat, ada kota Depok dengan rata-rata biaya hidup sebesar Rp 12,35 juta. Kelima, kota Makassar dengan rata-rata biaya hidup Rp 11,50 juta. 

Keenam, kota Tangerang dengan rata-rata biaya hidup Rp 10,96 juta. Kemudian kota Bogor dengan rata-rata biaya hidup Rp 10,73 juta per bulan. 

Kedelapan, kota Kendari dengan rata-rata biaya hidyp Rp 10,23 juta per bulan. Kesembilan, kota Batam dengan biaya hidup Rp 10,02 juta, dan kesepuluh kota Balikpapan dengan rata-rata biaya hidup Rp 9,8 juta per bulan. 

Baca Juga: Indef Proyeksikan Tingkat Pengangguran Terbuka Sedikit Menurun Jadi 5,1% di 2024

Pudji lalu menambahkan, dalam SBH sebelumnya yaitu SBH 2018, ternyata kota Balikpapan tak masuk ke dalam daftar 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Melainkan, kota Jayapura. “Selebihnya, untuk kota-kota lain masih sama. Hanya pada tahun ini, kota Jayapura tidak masuk daftar. Digantikan dengan kota Balikpapan,” tandas Pudji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto