Bidik Pertumbuhan Kinerja 6% di 2023, Unilever Indonesia (UNVR) Beberkan Strategi



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan penurunan laba bersih pada semester I-2023. UNVR menargetkan kinerja semester II-2023 dengan memperkuat fundamental bisnis. 

President Director PT Unilever Indonesia Ira Noviarti mengatakan, fundamental bisnis merupakan cara yang telah membuahkan hasil, dilihat dengan dengan meningkatnya daya saing dalam hal volume. Namun, UNVR masih memiliki tantangan kenaikan harga yang UNVR terapkan akibat inflasi dan harga komoditas yang meningkat.

“Selama empat kuartal terakhir pun kami menjalankan intervensi harga untuk memastikan brand kami memiliki daya saing yang kuat dan kami tetap berhasil melindungi margin perseroan,” kata Ira kepada Kontan, Senin (31/7).


Baca Juga: Pertahankan Dominasi Pasar, Kinerja Jangka Panjang Unilever (UNVR) Tetap Menjanjikan

Meski masih ada tantangan, UNVR membukukan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun dengan gross margin kuartal II-2023 sebesar 50,5%, tertinggi dalam delapan kuartal terakhir. 

Pencapaian ini merupakan hasil dari serangkaian program optimalisasi di pabrik, distribusi, logistik dan promosi, serta didukung oleh harga komoditas.

Ira menjelaskan untuk terus memperkuat daya saing, Unilever melakukan lima cara strategi prioritas. Pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama. Kedua, memperluas dan memperkaya portofolio ke premium dan value segment.

 
UNVR Chart by TradingView

Ketiga, membangun execution powerhouse untuk memperkuat kepemimpinan di channel utama. Keempat, melakukan penerapan e-everything di semua lini bisnis. Kelima, tetap menjadi yang terdepan dalam agenda keberlanjutan.

Baca Juga: Persaingan Harga Jual Gerus Kinerja Unilever (UNVR), Simak Rekomendasi Analis Berikut

“Kami percaya bahwa pendekatan ini akan memperkuat fundamental bisnis kami, meningkatkan daya saing, dan menghasilkan pertumbuhan jangka panjang,” jelasnya.

Sementara itu, untuk memperkuat potensi dari brand-brand utama, UNVR fokus melakukan ekspansi portofolio. UNVR berhasil meningkatkan kontribusi pada premium segmen sebesar lebih dari 27% dari penjualan domestik di kuartal II-2023.

“Ke depannya tentu kami terus mencari peluang akuisisi atau menjalin kemitraan yang strategis yang sesuai dengan bisnis kami dan valuasi nya,” tambahnya.

Baca Juga: Laba Unilever (UNVR) Susut 19,55% di Semester I 203, Simak Rekomendasi Analis

Untuk memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utamanya, UNVR berusaha untuk menempatkan investasi yang kompetitif dalam mengkomunikasikan brand-brand nya kepada konsumen. 

Dalam hal ekspansi portofolio, UNVR berhasil meningkatkan kontribusi pada segmen premiun sebesar lebih dari 27% dari penjualan domestik di kuartal II-2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli