Bill Gates Tak Lagi Masuk Jajaran 10 Miliarder Terkaya di Dunia?



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, kini tidak lagi berada di antara sepuluh orang terkaya di dunia, menurut peringkat terbaru yang dirilis oleh Forbes. Kekayaan bersih Gates saat ini diperkirakan mencapai US$107 miliar, menjadikannya orang terkaya kesembilan di Amerika Serikat dan yang ke-12 di dunia.

Ini merupakan pertama kalinya dalam 30 tahun Gates keluar dari 10 besar kekayaan global, dengan penurunan tiga peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut laporan Forbes, penurunan posisi Gates sebagian disebabkan oleh perceraian dan upaya filantropinya yang besar. Gates dan Melinda French Gates mengakhiri pernikahan mereka pada tahun 2021, di mana French Gates menerima bagian dari harta kekayaan mereka sebagai bagian dari penyelesaian perceraian.


Baca Juga: Bill Gates ungkap Rahasia Kesuksesannya saat Dirikan MIcrosoft

Mereka berdua mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation lebih dari dua dekade lalu, organisasi yang kini menjadi salah satu lembaga filantropi terbesar di dunia.

Sejak pembentukan yayasan tersebut, Gates telah menyumbangkan lebih dari US$59 miliar untuk kegiatan amal. Philanthropy ini turut berkontribusi pada penurunan peringkat kekayaannya. Selain itu, mantan istrinya, Melinda, memilih untuk keluar dari yayasan tersebut pada musim panas tahun ini untuk memulai proyek filantropi pribadinya.

Baca Juga: Microsoft Kembali Luncurkan Anggaran Buyback Saham

Gates juga dikenal sebagai salah satu pendiri Giving Pledge, sebuah inisiatif yang diusulkan bersama Melinda French Gates dan CEO lama Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Program ini mengajak lebih dari 240 miliarder di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan amal.

Dalam sebuah episode serial Netflix-nya, "What’s Next? The Future with Bill Gates", Gates menyebut bahwa memiliki kekayaan sebesar miliaran hingga ratusan miliar dolar adalah sesuatu yang aneh, dan dia menyatakan bahwa dunia akan lebih baik jika para miliarder secara sukarela menyumbangkan lebih banyak kekayaan mereka.

Selanjutnya: PLN Tengah Garap 15,3 GW Pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) dari Target 20,9 GW

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Minyak Goreng Hemat sampai 10 Oktober 2024, Serba di Bawah Rp 40.000

Editor: Handoyo .