Binance akan mendirikan bursa kripto di Indonesia bersama MDI Ventures



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah simpang siur, kini kabar Binance Holdding Ltd membentuk exchange di Indonesia menemui titik terang. Manajemen Binance secara resmi mengumumkan rencana akan membentuk exchange aset kripto melalui joint venture bersama MDI Ventures, anak usaha milik PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

CEO dan Founder Binance Changpeng "CZ" Zhao mengatakan, Binance memiliki ambisi untuk terus mengembangkan blockchain dan ekosistem aset kripto secara global. Dengan keputusan mendirikan bursa kripto di Indonesia, Binance semakin mendekati tujuan tersebut.

"Dengan adopsi teknologi yang cepat serta potensi ekonomi yang kuat, Indonesia bisa menjadi salah satu pusat ekosistem blockchain dan aset kripto di Asia Tenggara," tulis Changpeng dalam keterangan resmi, Rabu (15/12)

Baca Juga: BCA Tepis Kabar Siapkan Bursa Kripto Lokal Bersama Binance

Lebih lanjut, ia mengatakan Binance akan menyediakan infrastruktur, teknologi, dan pengelolaan aset untuk mendukung pengembangan platform bursa kripto baru tersebut.

Sebagai salah satu mitra, MDI Ventures menyambut baik kesempatan ini. CEO MDI Ventures Donald Wirahardja mengatakan, aset kripto, blockchain, serta teknologinya tidak diragukan lagi punya peran penting dalam infrastruktur keuangan digital di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, MDI sebagai anak usaha Telkom untuk pengembangan teknologi sangat menanti kerjasama ini.

"Kami berharap ke depan bisa berkembang bersama Binance sebagai partner kami untuk menjembatani kesempatan pengembangan kapabilitas Indonesia pada sektor infrastruktur digital ini," tambahnya.

Baca Juga: BCA dan Telkom buka suara soal kabar rencana pembentukan bursa kripto bersama Binance

Salah satu member konsorsium dalam joint ventures ini belum diumumkan. Namun Binance dikabarkan tengah dalam pembicaraan dengan Bank Central Asia (BCA). Kendati begitu, berdasarkan wawancara Kontan.co.id, pihak BCA menepis terkait kabar keterlibatannya dalam pembentukan bursa kripto bersama Binance.

"Sehubungan dengan adanya pemberitaan tersebut, dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar. Manajemen BCA tidak pernah mendiskusikan hal tersebut," terang Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn pada 13 Desember.

Nantinya, bursa kripto milik Binance dan MDI Ventures ini akan semakin menambah ramai jumlah bursa kripto yang ada di Indonesia. Adapun, saat ini, tercatat terdapat 13 pedagang kripto yang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. 

Baca Juga: Solana Ventures gandeng Forte & Griffin investasikan US$ 150 juta di game blockchain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati