Bingung Menentukan Porsi Makan Kucing? Ini Aturan Tentang Menyajikannya



MOMSMONEY.ID - Memiliki kucing peliharaan tidak hanya tentang mencintai dan menemaninya. Ada banyak hal yang erlu diperhatikan dalam merawat kucing.

Salah satu hal ini mungkin sering terabaikan, padahal ini merupakan hal yang penting juga, yakni menentukan takaran yang pas untuk menyajikan makanan si kucing.

Memberi makan kucing tanpa pertimbangan apa pun dan hanya memberinya kapan saja saat kucing lapar, tentu saja tidak baik. Namun, porsi makan yang terlalu sedikit juga akan menyebabkan kucing kekurangan nutrisi dan penurunan berat badan.


Baca Juga: Ini 5 Tips Membuat Hewan Peliharaan Bahagia Bersama Anda

Dilansir dari Be.chewy, ada faktor-faktor yang mempengaruhi berapa banyak memberi makan kucing, yakni usia, ukuran, tingkat aktivitas dan tingkat metabolisme, status reproduksi, serta kondisi kesehatan tubuh kucing. Semua faktor tersebut perlu digabungkan untuk menentukan berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi kucing setiap hari.

Sebenarnya, tak ada standar umum tentang seberapa banyak makanan yang harus diberikan karena adanya variasi dari faktor-faktor tersebut. Namun, Anda dapat menentukan jumlah kalori untuk kucing dengan mengikuti ukuran porsi rata-rata berdasarkan berat badan kucing seperti di bawah ini. Jika Anda tidak yakin, Anda mungkin bisa membicarakannya dengan dokter hewan Anda.

Setelah Anda menentukan berapa banyak kalori yang dibutuhkan kucing setiap hari, Anda perlu mencari tahu berapa banyak makanan yang harus diberikan kepadanya. Anda dapat melihat takaran tersebut pada label-label makanan kucing yang saat ini sudah dicantumkan kandungan kalori sebagai kkal/kg, kkal/kaleng, atau kkal/cangkir. Kkal dalam hal ini adalah kilokalori yang sama dengan kalori.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Kucing Peliharaan Menderita Cacingan

Anda dapat membagi jumlah kalori tersebut selama beberapa kali dalam sehari. Maka, sebaiknya buatlah waktu pemberian makan yang konsisten. Rutinitas pemberian makan yang teratur akan membuat kucing merasa senang dan nyaman.

Kendati jadwal pemberian makanan teratur adalah hal yang baik untuk kucing, Anda juga dapat memberikan makanan bebas. Ini bisa disebut sebagai cemilan kucing yang pasti tak boleh diberikan secara terus-menerus dan berlebihan.

Jadwal makan bebas dapat dilakukan bila kucing merasa bosan. Namun, kucing yang sedang menyusui harus selalu mendapatkan jadwal makan bebas untuk terus mengisi energinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha