BIRD luncurkan Blue Bird COD, apa saja layanan yang bisa konsumen manfaatkan?



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Imbauan pemerintah untuk menjaga jarak (physical distancing) dan kerja di rumah (work from home) tak menghalangi Anda untuk bisa ‘beraktivitas’ tanpa keluar rumah.

Ini pula yang menjadi layanan terbaru PT Blue Bird Tbk. Lewat #tetapterjaga dengan Bluebird COD (chat-order-delivery), emiten dengan kode saham BIRD ini menawarkan konsumen untuk mengambil belanjaan, paket sampai dokumen penting penggunanya.

Dilansir dari situs resmi Blue Bird, program Layanan Chat – Order – Deliver (COD) yang diberikan Blue Bird untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan selama berada di rumah. Misalnya mengirim/mengambil barang ke suatu tempat, pick up laundry, pick up orderan obat-obatan, meals & bakery dan sejenisnya.


“Konsumen di Jabodetabek bisa menggunakan layanan ini dan akan dilayani oleh pengemudi BIRD,” tulis Blue Bird di situs resminya. Layanan ini berlaku mulai 26 Maret sampai 31 April 2020.

BIRD juga menyebut layanan ini digawangi pengemudi sehat terpilih yang telah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti suhu tubuh dan proses penyemprotan disinfektan sebelum bertugas. Serta dilengkapi dengan atribut keamanan seperti, masker wajah, hand sanitizer, sarung tangan, dan container box untuk menyimpan barang sehingga meminimalisir kontak dengan tamu. “Armada kami juga telah melewati proses pembersihan menggunakan disinfektan sebelum keluar pool, serta dibersihkan secara berkala setelah selesai beroperas,” ujar BIRD.

Lantas bagaimana konsumen atau tamu menggunakan layanan ini? 

Inilah langkah-langkahnya:  1. Chat Bebi Official lewat Whatsapp Bluebird 081117941234 dengan keyword “COD” 2. Kirimkan daftar orderanmu via Whatsapp, misalnya “Pick Up Paket Belanjaan” atau “Kirim dokumen” lengkap dengan alamat dan bukti pembayaran yang sudah dilakukan 3. Pengemudi akan mulai menyalakan argo ketika sudah pick up tugas pertama⠀ 4. Pengemudi melakukan orderan dari pelanggan dan akan memberikan kuitansi program COD kepada pelanggan ⠀ 5. Pembayaran bisa dilakukan dengan tunai atau easy ride lewat My Bluebird 6. Kamu tinggal bayarkan harga yang tertera di kuitansi, semua kebutuhan terselesaikan tanpa harus keluar dari rumah!⠀

Terms & Conditions

1) Hanya berlaku untuk area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali & Medan. 2) Customer bisa memberikan lebih dari 1 tugas pengambilan barang kepada pengemudi. 3) Pengemudi hanya berkewajiban untuk mengambil barang. Pembayaran dilakukan oleh customer langsung kepada merchant. 4) Argo dimulai saat pengemudi sudah pick up barang pertama dan melanjutkan perjalanan ke pick up kedua dst sampai ke rumah customer 5) Bluebird COD dapat di order melalui WA Bebi 081117941234. Pilih layanan “Bluebird” dengan mengetik angka “1”. 6) Pembayaran sesuai dengan argometer. Jika ada biaya toll dan parkir akan menjadi beban customer. 7) Pembayaran dapat dilakukan dengan tunai/non tunai melalui Easy Ride di My Bluebird 8) Untuk pembayaran non tunai, ikuti langkah berikut ini :

a) Setelah taksi sampai, buka aplikasi My Bluebird b) Tekan tombol Easy Ride di kanan atas c) Masukkan no taksi , pilih payment method (kartu kredit / debit / LinkAja / Dana / e-voucher) d) Tekan OK, lalu passcode akan muncul. Beritahukan passcode kepada pengemudi e) Jika ada tol / parkir masukkan ke extra.

9) Jam Operasional mulai Senin-Minggu pukul 08.00-21.00 10) Pengemudi akan confirm kepada customer setelah mendapat assign job dari agent chat 11) Setelah order selesai Pengemudi menyerahkan sobekan besar kuitansi COD yang telah diisi total argo dan tanggal order

Internal notes :

12) Selanjutnya, Pengemudi foto sobekan kecil kupon COD beserta bukti belanja/transaksi customer dan membagikannya di grup WA Bluebird COD 13) Setelah selesai operasi, Pengemudi menyerahkan sobekan kecil kuitansi COD kepada tim operasi saat setoran

Bagaimana siap mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Titis Nurdiana