Bisa Bikin Jerawatan, Ini 5 Kesalahan Memakai Face Mask yang Paling Sering Terjadi



MOMSMONEY.ID - Inilah 5 kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi.

Moms, apakah Anda suka maskeran di kala senggang? Jika benar begitu, pastikan Anda menghindari berbagai kesalahan saat memakai face mask atau masker wajah supaya hasilnya maksimal dan tidak merugikan kulit.

Salah satu kesalahan memakai face mask yang harus dihindari adalah mendiamkan face mask terlalu lama.


Selengkapnya, berikut 5 kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi sebagaimana dilansir dari laman L’Oreal Paris dan Her Zindagi.

Baca Juga: Simak Penjelasan Sistem Pity Honkai: Star Rail, Lengkap dengan Cara Menghitung Pity

1. Tidak cuci muka sebelum pakai face mask

Kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi pertama yaitu tidak cuci muka sebelum pakai face mask.

Anda harus mengaplikasikan face mask pada kulit wajah yang bersih dan kering. Jadi, pastikan untuk mencuci muka dan mengeringkan wajah Anda dengan baik sebelum memakai face mask.

Jika tidak, bakteri dan kotoran pada wajah yang tidak dibersihkan akan tertutupi oleh face mask. Tentu, Anda tidak mau wajah jadi komedoan atau jerawatan setelah maskeran kan?

2. Mengaplikasikan face mask dengan tangan yang kotor

Kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi kedua yaitu mengaplikasikan face mask dengan tangan yang kotor.

Anda harus mencuci tangan guna memastikan tangan bersih dan aman untuk mengaplikasikan face mask. Apabila Anda mengaplikasikan face mask dengan tangan yang kotor, itu akan memindahkan bakteri dan kotoran dari tangan ke wajah.

Selain itu, hindari mengoleskan face mask menggunakan jari. Sebagai gantinya, pakailah kuas masker untuk mengaplikasikan face mask sekaligus meminimalkan kemungkinan jerawat tumbuh setelah maskeran.

3. Mendiamkan face mask terlalu lama

Kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi ketiga yaitu mendiamkan face mask terlalu lama.

Mendiamkan face mask terlalu lama menempel pada wajah rentan mengiritasi kulit. Kebiasaan ini bisa dengan mudah menyebabkan kemerahan dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Sangat disarankan bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan ini dan mematuhi instruksi yang tercantum di kemasan face mask bila tidak mau kulit menjadi bermasalah.

Baca Juga: Seberapa Sering Sebaiknya Handuk Dicuci? Begini Kata Para Ahli

4. Memakai face mask terlalu banyak

Kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi keempat yaitu memakai face mask terlalu banyak.

Sama halnya dengan produk perawatan kulit lainnya, face mask juga perlu digunakan secukupnya alih-alih terlalu banyak. Lapisan face mask yang super tebal tidak akan memberikan hasil yang lebih efektif. Justru, hal tersebut hanya akan membuang-buang produk.

Sebaiknya, oleskan face mask cukup satu lapis namun merata pada kulit yang bersih dan kering. Atau, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan face mask.

5. Tidak pakai pelembab setelah maskeran

Kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi kelima yaitu tidak pakai pelembab setelah maskeran. Ingat, face mask bukanlah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit.

Tidak jauh berbeda dengan mencuci muka, memakai face mask khususnya face mask wash off (bilas) dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengoleskan pelembab yang ringan dan menghidrasi usai memakai face mask guna mengembalikan kelembaban kulit yang telah hilang. Jika tidak, kulit akan berakhir dengan kekeringan.

Nah, itulah 5 kesalahan memakai face mask yang paling sering terjadi. Jangan diulangi lagi ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma