Bisa Jadi Deodorant Alami, Simak 5 Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat baking soda untuk kecantikan di sini.

Baking soda merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijadikan sebagai campuran kue dan roti.

Di sisi lain, ternyata baking soda juga memiliki manfaat kecantikan yang sayang untuk dilewatkan.


Melansir BeBeautiful, ada 5 manfaat baking soda untuk kecantikan. Simak dan catat, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 4 Teh Pembakar Lemak Paling Ampuh, Konsumsi Rutin Ya!

1. Menghilangkan sel kulit mati

Manfaat baking soda untuk kecantikan yang pertama yaitu menghilangkan sel kulit mati.

Sifat baking soda yang abrasif secara alami membuat sel-sel kulit mati dan kotoran menjadi mudah dihilangkan. Sehingga, kulit tampak lebih segar, bercahaya, dan muda.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan jus jeruk hingga membentuk pasta kental. Oleskan campuran ini tipis-tipis ke seluruh area wajah dan leher. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

2. Sebagai deodorant alami

Manfaat baking soda untuk kecantikan yang kedua yaitu sebagai deodorant alami.

Deodorant merupakan produk andalan untuk membantu mengatasi bau badan yang mengganggu. Namun, siapa sangka bahwa Anda bisa membuat deodorant sendiri menggunakan baking soda. Sarat dengan sifat antibakteri, baking soda sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab keringat yang disertai dengan aroma tidak sedap.

Caranya, cukup campurkan baking soda dan jus lemon dengan perbandingan yang sama. Setelah tercampur merata, oleskan ke area ketiak dan biarkan selama 15 menit sebelum mandi.

3. Pengganti dry shampoo

Manfaat baking soda untuk kecantikan yang ketiga yaitu sebagai pengganti dry shampoo.

Baking soda bisa jadi alternatif dry shampoo saat Anda malas keramas atau kehabisan produk dry shampoo favorit. Pasalnya, baking soda mampu menyerap minyak, membersihkan kulit kepala dari penumpukan produk, hingga menambah volume rambut.

Cukup taburkan sedikit baking soda ke kulit kepala. Lalu, gosokkan baking soda sama seperti yang Anda lakukan ketika menggunakan dry shampoo.

Baca Juga: 5 Essential Oil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

4. Membersihkan brush makeup

Manfaat baking soda untuk kecantikan yang keempat yaitu membersihkan brush makeup.

Brush makeup perlu dibersihkan sesering mungkin guna mencegah berbagai permasalahan kulit akibat brush yang kotor, contohnya jerawat. Apabila Anda tidak memiliki sabun bayi atau brush cleanser, baking soda bisa Anda jadikan sebagai alternatif. Ini karena baking soda benar-benar dapat membersihkan brush dari sisa makeup dan bahkan bakteri.

Rendamlah brush makeup Anda dalam campuran 2 sendok makan baking soda dan 2 cangkir air hangat selama beberapa jam. Setelah selesai direndam, ambil brush dan cuci di bawah air mengalir.

5. Memutihkan gigi

Manfaat baking soda untuk kecantikan yang kelima yaitu memutihkan gigi.

Mau gigi seputih mutiara? Baking soda layak untuk Anda coba. Dengan menyikat gigi menggunakan baking soda, itu akan membantu menghilangkan plak dan noda gigi lainnya.

Campurkan ½ sendok teh baking soda dengan beberapa tetes peppermint oil dan 1 sendok makan minyak kelapa sampai menjadi pasta gigi. Sikatlah gigi Anda dengan pasta ini setiap pagi untuk membantu memutihkan gigi.

Demikian 5 manfaat baking soda untuk kecantikan. Tertarik coba, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma