Bisa Menurunkan Kolesterol, Intip 8 Manfaat Kale untuk Kesehatan



MOMSMONEY.ID - Kale memiliki rasa yang khas dan kaya nutrisi yang luar biasa. Sayuran super ini mendapat reputasi yang sangat baik di kalangan para ahli gizi, karena manfaat kesehatan yang beragam, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kolesterol.

Apa saja manfaat kale untuk kesehatan lainnya?

Momsmoney telah merangkumkan 8 manfaat kale untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, bersumber dari Healthline:


1. Menurunkan Kolesterol

Kale dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Proses ini memaksa tubuh untuk menggunakan kolesterol dalam darah untuk menghasilkan lebih banyak asam empedu.

Baca Juga: Sedang Stres? Lakukan 15 Cara Mengatasi Stres yang Sederhana Berikut yuk!

2. Sumber Antioksidan

Kale sangat kaya akan antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, serta flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini berperan vital dalam melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dikaitkan dengan penuaan dan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

3. Sumber Vitamin C

Kale mengandung vitamin C lebih banyak daripada kebanyakan sayuran hijau lainnya, bahkan tiga kali lipat lebih banyak daripada bayam. Vitamin C esensial untuk sintesis kolagen, protein yang paling melimpah di tubuh, dan berperan penting dalam fungsi sel.

Baca Juga: Patut Dicoba, Intip 14 Buah yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

4. Sumber Vitamin K

Vitamin K yang terdapat dalam kale esensial untuk proses pembekuan darah dan telah terbukti aktif dalam mengaktifkan protein yang memberi kemampuan mengikat kalsium. Satu cangkir kale mentah menyediakan hampir 70% dari kebutuhan harian vitamin K.

5. Mengandung Senyawa Anti Kanker

Kale mengandung senyawa seperti sulforaphane dan indole-3-carbinol yang telah diteliti karena potensinya dalam membantu melawan kanker. Sayuran silangan seperti kale dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Baca Juga: 7 Pilihan Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung, Ayo Konsumsi!

6. Tinggi Beta-Karoten

Meskipun sering disebut sebagai sumber vitamin A, kale sebenarnya tinggi beta-karoten, yang tubuh dapat ubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan.

7. Mendukung Kesehatan Mata

Kale kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi kale dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak, dua masalah mata yang umum.

Baca Juga: Ada Alpukat hingga Pisang, Inilah 11 Buah yang Baik untuk Asam Lambung

8. Membantu Penurunan Berat Badan

Kale memiliki kalori yang sangat rendah, membuatnya ideal untuk manajemen berat badan. Karena rendah kalori dan tinggi air, kale dapat membantu orang merasa kenyang. Serat dalam kale juga mendukung penurunan berat badan.

Itulah ulasan mengenai manfaat kale untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas