Bisa Turunkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Konsumsi Oatmeal yang Jarang Diketahui



MOMSMONEY.ID - Manfaat konsumsi oatmeal teryata tak hanya baik untuk proses diet saja, tapi juga dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

Oatmeal tak hanya mengandung nutrisi yang bergizi untuk tubuh, tapi juga energi yang banyak sehingga Anda tak lemas dan tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat konsumsi oatmeal bagi kesehatan tubuh, berikut artikel yang telah Momsmoney rangkum dari laman Sehat Aqua dan Medical News Today, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Ide Kegiatan Natal 2022 untuk Anak dan Keluarga

Meningkatkan imun

Siapa bilang oatmeal hanya mampu mengenyangkan perut saja? Oatmeal juga memiliki manfaat dalam peningkatan kekebalan tubuh.

Oatmeal mengandung serat beta-gluten yang mampu meningkatkan imun dan mencegah Anda dari risiko terkena penyakit jantung.

Bantu turunkan kolesterol jahat

Manfaat konsumsi oatmeal juga berguna bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Serat beta-gluten pada oatmeal memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Serat ini bermanfaat sebagai penghambat penyerapan LDL, sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang.

Oatmeal juga mengandung antioksidan bernama avenanthramide yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat menyerang kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Siap Rayakan Natal 2022, Ini Jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Bandung Lengkap

Mengurangi risiko kanker kolorektal

Manfaat konsumsi oatmeal bagi kesehatan tubuh dapat berpotensi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

Dilansir dari Medical News Today, berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Inggris dan Belanda terhadap hampir 2 juta orang yang melakukan diet tinggi serat, terbukti bahwa orang yang mengonsumsi tambahan serat sebanyak 10 gram per harinya, mereka mengalami pengurangan 10% terhadap risiko kanker kolorektal.

Kanker kolorektal sendiri merupakan kanker yang tumbuh pada usus besar yang terhubung ke anus.

Mengonsumsi oatmeal setiap harinya dapat mencegah Anda dari risiko terhadap jenis kanker yang satu ini.

Baca Juga: Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 yang Jadi Referensi Libur Tahun Baru

Turunkan risiko hipertensi

Manfaat konsumsi oatmeal dapat menurunkan risiko hipertensi. Ini disebabkan karena oatmeal memiliki kandungan natrium yang rendah, namun serat & antioksidan yang tinggi.

Natrium merupakan salah satu zat yang terdapat pada garam dan bumbu dapur yang dapat menyebabkan tingginya risiko hipertensi. Jika Anda tak ingin kadar hipertensi naik, oatmeal adalah pilihan makanan yang tepat untuk Anda konsumsi.

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Natal 2022 yang Bikin Rumah Jadi Meriah

Turunkan risiko diabetes

Selain dapat turunkan risiko hipertensi, manfaat konsumsi oatmeal lainnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Oatmeal secara efektif mampu menurunkan gula dalam darah serta dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh.

Itu dia berbagai manfaat konsumsi oatmeal bagi kesehatan yang jarang diketahui. Sekarang, mari mulai jalani hidup sehat dengan mengonsumsi oatmeal setiap pagi, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti