Bisakah Jalan Kaki Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh? Bongkar Faktanya di Sini



MOMSMONEY.ID - Olahraga ringan yang punya banyak manfaat kesehatan. Bisakah jalan kaki menurunkan gula darah dalam tubuh?

Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Tidak memerlukan peralatan khusus atau biaya besar, jalan kaki dapat dilakukan oleh hampir semua orang.

Tetapi, banyak yang bertanya-tanya, bisakah jalan kaki menurunkan gula darah dalam tubuh? MomsMoney akan mengupas fakta terkait hal tersebut pada kesempatan kali ini. Mari simak!


Baca Juga: Nasi Jagung untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Intip Juga Khasiat Lainnya

Bisakah Jalan Kaki Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh?

Iya, jalan kaki bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Jalan kaki termasuk dalam latihan aerobik yang membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Hal ini pada akhirnya meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengontrol kadar gula darah. Saat jalan kaki, otot-otot tubuh menyerap glukosa dari aliran darah untuk energi, sehingga menurunkan kadar gula darah.

Selain membantu menurunkan gula darah, berjalan kaki juga memberikan manfaat lain seperti:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan suasana hati
Baca Juga: 11 Rekomendasi Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Ampuh, Mari Coba

Kapan Waktu Terbaik Jalan Kaki untuk Menurunkan Gula Darah?

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan setelah makan, terutama setelah makan besar, adalah waktu terbaik untuk menurunkan kadar gula darah.

Setelah makan, kadar gula darah cenderung meningkat, dan berjalan kaki dapat membantu menstabilkannya dengan mempercepat penyerapan glukosa oleh sel-sel otot.

Melansir dari laman Health Today, sebuah studi juga menunjukkan bahwa berjalan selama 10-15 menit setelah makan lebih efektif dalam mengontrol gula darah dibandingkan dengan berjalan di waktu lain.

Walaupun olahraga sangat baik untuk menurunkan gula darah, bagi penderita diabetes yang menggunakan obat atau insulin, olahraga bisa menyebabkan gula darah turun terlalu rendah (hipoglikemia).

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Salah Satunya Kurang Gerak

Oleh karena itu, sangat penting untuk memantau kadar gula darah sebelum dan setelah berolahraga. Jika gula darah Anda turun di bawah 70 mg/dl, sebaiknya makan sesuatu untuk menaikkan kadar gula.

Ada aturan sederhana yang disebut aturan 15-15, yaitu memeriksa gula darah 15 menit sebelum berolahraga. Jika di bawah 100 mg/dl, konsumsi 15-20 gram karbohidrat dan periksa kembali setelah 15 menit. Jika masih rendah, ulangi proses ini.

Demikianlah ulasan lengkap terkait, bisakah jalan kaki menurunkan gula darah dalam tubuh atau tidak. Jalan kaki setelah makan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa lebih efektif, sehingga menurunkan gula darah.

Namun, penting untuk selalu memantau kadar gula darah sebelum dan setelah berolahraga, terutama bagi mereka yang rentan terhadap gula darah rendah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Mendagri Sebut Ada Oknum Pemda Manipulasi Data Inflasi, Ini Kata BPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas