Bisnis agen perjalanan wisata ke Jepang mulai pulih bulan ini



JAKARTA. Bencana yang dialami Jepang Maret lalu, sempat mempengaruhi sektor pariwisata serta menghambat bisnis agen perjalanan di Indonesia. Misalnya saja, agen perjalanan Quarto Holidays yang beberapa bulan sempat membatalkan perjalanan ke Jepang lantaran bandara di Jepang ditutup.Direktur Quatro Holidays, Endang Ekasanti mengatakan, pada Mei tahun ini agen perjalanannya akan mulai memberangkatkan wisatawan Indonesia ke Jepang. Keadaan di Jepang juga sudah mulai membaik, jadi sudah ada pesanan lagi dari para wisatawan kita mulai bulan April ini. "Selain itu, saya dengar sistem operasional bandara di Jepang maupun beberapa tempat wisata sudah bisa berjalan lagi," kata Endang yang juga menjabat Asosiasi Wisata dan Agen Perjalanan Indonesia (ASITA).

Quatro Holiday akan memberangkatkan dua grop wisatawan Indonesia ke Jepang di bulan Mei. Pada group I akan diberangkatkan sekitar 40 orang, dan group II diberangkatkan sekitar 53 orang pada Minggu kedua Mei.

Rata-rata wisatawan yang akan diberangkatkan ke Jepang bukan hanya untuk melakukan tour tapi juga bisnis. Mengenai harga yang ditawarkan agen perjalanan Quatro Holidays ke Jepang, Endang mengaku belum ada rencana menaikkan harganya. Harga paket wisata muslim Quatro Holidays yang ditawarkan sekitar US$ 3.800 per wisatawan.Sepanjang 2011, Quartro Holidays menargetkan akan memberangkatkan sekitar 10.000 wisatawan ke Jepang. "Tapi, target itu khusus kontrak kerjasama dengan penerbangan Garuda saja, sedangkan dengan penerbangan yang bekerjasama dengan kami tidak mematok sebanyak itu," ujarnya.Agen Perjalanan Quatro Holidays selama ini juga bekerjasama dengan penerbangan China Airlines, Malaysia Airlines, Brunei Airlines, Sriwijaya Airlines, Batavia Airlines, dan Lion Airlines.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini