KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) berhasil mencetak kinerja positif sepanjang tahun lalu. Emiten yang bergelut di bisnis food and beverage (F&B) ini berhasil meraup penjualan bersih senilai Rp 1,26 triliun. Penjualan ENAK melonjak 60,28% dibandingkan capaian 2021 sebesar Rp 789,36 miliar. Penjualan ENAK diperoleh dari bisnis makanan dan minuman. Seperti diketahui, ENAK merupakan perusahaan restoran dengan produk dan segmen yang bervariasi. ENAK memiliki merek sendiri seperti Raa Cha (suki dan BBQ), Gokana (masakan Jepang), BMK (masakan Indonesia), Platinum (masakan Barat dan fusion), Chopstix (masakan Asia), dan Monsieur Spoon (bakery dan cafe).
Sejalan dengan lonjakan penjualan, beban pokok meningkat 65,93% secara tahunan menjadi Rp 513,97 miliar. Alhasil, ENAK mengantongi laba kotor sebesar Rp 751,26 miliar, melejit 56,63% dibandingkan tahun 2021. ENAK menanggung beban usaha sebanyak Rp 681,21 miliar sepanjang tahun lalu. Terdiri dari beban penjualan Rp 587,60 miliar serta beban umum dan administrasi sebesar Rp 93,61 miliar. Baca Juga: Tambah Monsieur Spoon hingga Gokana, Champ Resto (ENAK) Lanjut Ekspansi pada 2023 Hasilnya, pada tahun lalu ENAK mampu meraup laba usaha sebesar Rp 70,04 miliar. ENAK meraih kinerja positif dibandingkan rugi usaha Rp 20,77 miliar yang ditanggung ENAK pada tahun buku 2021. Setelah dijumlah dengan pendapatan usaha lainnya Rp 10,32 miliar dan manfaat pajak penghasilan Rp 2,55 miliar, ENAK berhasil mengantongi laba tahun berjalan sebesar Rp 62,28 miliar pada 2022. Kinerja bisnis ENAK moncer dibandingkan rugi tahun berjalan sebesar Rp 7,32 miliar pada tahun 2021. Dengan hasil ini, ENAK mencatatkan laba per saham dasar sebesar Rp 28,75 dibandingkan rugi per saham dasar Rp 3,66 pada 2021.
ENAK Chart by TradingView