KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis e-sport atau kompetisi game semakin bersinar, terutama di kawasan Asia. Esports yang dimainkan secara kompetitif oleh gamer profesional telah berubah dari ceruk pasar bagi para pebisnis. Ini didorong peningkatan penetrasi seluler dan permintaan hiburan digital. Beberapa negara mulai gencar berinvestasi pada bisnis e-sport dan startup game untuk mencari potensi cuan dari jenis olahraga yang kian berkembang pesat tersebut. Singapura misalnya, pada Juli 2021 lalu, meresmikan pusat pengalaman esports pertamanya, yang dilengkapi dengan fasilitas live-streaming dan pro-esport kelas dunia. Pada 17 Desember 2021, Singapura juga akan jadi tuan rumah Gamescom edisi Asia pertama yakni acara industri video game terbesar di dunia dan Global Esports Games perdana. Pada bulan Mei lalu, negara ini menjadi tuan rumah Free Fire World Series yang sukses mengumpulkan penonton hingga 5,4 juta, angka tertinggi yang pernah ada untuk setiap pertandingan esports di luar platform China, menurut Esports Charts.
Bisnis e-sport marak, beberapa negara gencar berinvestasi di bisnis ini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis e-sport atau kompetisi game semakin bersinar, terutama di kawasan Asia. Esports yang dimainkan secara kompetitif oleh gamer profesional telah berubah dari ceruk pasar bagi para pebisnis. Ini didorong peningkatan penetrasi seluler dan permintaan hiburan digital. Beberapa negara mulai gencar berinvestasi pada bisnis e-sport dan startup game untuk mencari potensi cuan dari jenis olahraga yang kian berkembang pesat tersebut. Singapura misalnya, pada Juli 2021 lalu, meresmikan pusat pengalaman esports pertamanya, yang dilengkapi dengan fasilitas live-streaming dan pro-esport kelas dunia. Pada 17 Desember 2021, Singapura juga akan jadi tuan rumah Gamescom edisi Asia pertama yakni acara industri video game terbesar di dunia dan Global Esports Games perdana. Pada bulan Mei lalu, negara ini menjadi tuan rumah Free Fire World Series yang sukses mengumpulkan penonton hingga 5,4 juta, angka tertinggi yang pernah ada untuk setiap pertandingan esports di luar platform China, menurut Esports Charts.