KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis fixed mobile convergence (FMC) atau konvergensi diproyeksikan akan menjadi sumber pendapatan baru yang sangat menjanjikan bagi perusahaan operator telekomunikasi (telko). Segmen bisnis tumbuh begitu cepat dipicu oleh perubahan perilaku konsumen. FMC merupakan perpaduan layanan antara seluler dengan fixed broadband (Wi-Fi) yang terintegrasi. Pengguna hanya menggunakan satu operator yang dapat melayani seluruh kebutuhan internet baik di rumah maupun di luar rumah, sehingga layanan akan saling melengkapi. Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B Sigit, menjelaskan layanan konvergensi merupakan bentuk adaptasi industri terhadap permintaan konsumen yang terus berubah.“Perubahan tren ini terjadi ketika banyak sekali demand dan traffic data datang tak hanya dari kantor-kantor tetapi juga dari pengguna di rumah-rumah," kata dia dalam forum diskusi bertajuk Arah Industri Telekomunikasi Indonesia, belum lama ini. Senada, Dian Siswarini Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk dalam kesempatan yang sama mengatakan, perubahan tren layanan operator telekomunikasi ke FMC akan menjadi sumber pendapatan baru bagi perusahaan telekomunikasi yang akan mengubah operator menjadi perusahaan teknologi.
Bisnis Konvergensi (FMC) Diproyeksi Jadi Sumber Pendapatan Menjanjikan Bagi Operat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis fixed mobile convergence (FMC) atau konvergensi diproyeksikan akan menjadi sumber pendapatan baru yang sangat menjanjikan bagi perusahaan operator telekomunikasi (telko). Segmen bisnis tumbuh begitu cepat dipicu oleh perubahan perilaku konsumen. FMC merupakan perpaduan layanan antara seluler dengan fixed broadband (Wi-Fi) yang terintegrasi. Pengguna hanya menggunakan satu operator yang dapat melayani seluruh kebutuhan internet baik di rumah maupun di luar rumah, sehingga layanan akan saling melengkapi. Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B Sigit, menjelaskan layanan konvergensi merupakan bentuk adaptasi industri terhadap permintaan konsumen yang terus berubah.“Perubahan tren ini terjadi ketika banyak sekali demand dan traffic data datang tak hanya dari kantor-kantor tetapi juga dari pengguna di rumah-rumah," kata dia dalam forum diskusi bertajuk Arah Industri Telekomunikasi Indonesia, belum lama ini. Senada, Dian Siswarini Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk dalam kesempatan yang sama mengatakan, perubahan tren layanan operator telekomunikasi ke FMC akan menjadi sumber pendapatan baru bagi perusahaan telekomunikasi yang akan mengubah operator menjadi perusahaan teknologi.