Bisnis Makin Lesu, Tupperware Ajukan Kebangkrutan



KONTAN.CO.ID - Tupperware Brands Corp. dan beberapa anak perusahaannya mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada hari Selasa lalu. 

Perusahaan menyerah pada permintaan yang semakin berkurang untuk wadah penyimpanan makanan yang dulunya ikonik dan meningkatnya kerugian finansial.

Perjuangan perusahaan berlanjut setelah dorongan pandemi yang berumur pendek, ketika peningkatan memasak di rumah sempat mendorong permintaan untuk wadah plastik kedap udara yang berwarna-warni. 


Lonjakan biaya bahan baku pascapandemi seperti resin plastik, tenaga kerja dan pengiriman, semakin menekan margin Tupperware.

Baca Juga: Powell: Penarikan Neraca Berlanjut di Tengah Pemangkasan Suku Bunga

"Selama beberapa tahun terakhir, posisi keuangan perusahaan sangat terpengaruh oleh lingkungan ekonomi makro yang menantang," kata Chief Executive Officer Laurie Goldman dalam siaran pers.

Tupperware telah berencana untuk mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah melanggar ketentuan utangnya dan meminta bantuan penasihat hukum dan keuangan, berdasarkan laporam Bloomberg  pada hari Senin. 

Perusahaan tersebut mencatatkan estimasi aset sebesar US$500 juta- US$1 miliar dan estimasi liabilitas sebesar US$1 miliar-US$10 miliar, menurut pengajuan kebangkrutan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Delaware, yang menunjukkan jumlah kreditor antara 50.001-100.000.

Tupperware telah berupaya membalikkan keadaan bisnisnya sekitar empat tahun setelah melaporkan penurunan penjualan selama enam kuartal berturut-turut sejak kuartal ketiga tahun 2021, karena inflasi yang ketat terus menghambat basis konsumen berpenghasilan rendah dan menengah.

Pada tahun 2023, perusahaan tersebut menuntaskan perjanjian dengan pemberi pinjamannya untuk merestrukturisasi kewajiban utangnya, dan menandatangani kontrak dengan bank investasi Moelis & Co untuk membantu mengeksplorasi alternatif strategis.

Baca Juga: Cara Jadi Tajir Robert Kiyosaki: Pahami Perbedaan Investasi Orang Kaya & Orang Miskin

Selanjutnya: Laju Pertumbuhan Kredit Perbankan Mulai Melambat

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Turun Rp 10.000 Hari Ini 19 September

Editor: Tri Sulistiowati