KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Erwin Halim, Konsultan Usaha mengatakan, bisnis martabak merupakan bisnis yang mudah ditiru. Selain itu, gerainya yang sudah bertebaran membuat persaingannya cukup ketat. Menurutnya, kemitraan bisa saja dilakukan oleh pemain-pemain yang sudah memiliki nama atau memang dikenal memiliki pelanggan yang banyak. “Kalau yang punya merek sendiri kemungkinan akan bisa,” ujarnya. Selain itu, tambah Erwin, kemitraan ini bisa dijalankan jika memperhatikan beberapa hal penting, diantaranya rasa, topping, lokasi, dan jenis kemitraan yang ditawarkan. “Dalam menawarkan kemitraan yang jadi hal utama itu lokasi dan jenis kemitraan yang ditawarkan harus tepat semisal harus mencari lokasi yang pelaku usaha martabaknya masih sedikit. Kalau pun di suatu lokasi sudah banyak penjual martabak harus mengusung konsep tempat usaha yang menarik semisal membuat cafe martabak, atau yang lainnya,” tuturnya.
Bisnis martabak harus perhatikan lokasi dan konsep
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Erwin Halim, Konsultan Usaha mengatakan, bisnis martabak merupakan bisnis yang mudah ditiru. Selain itu, gerainya yang sudah bertebaran membuat persaingannya cukup ketat. Menurutnya, kemitraan bisa saja dilakukan oleh pemain-pemain yang sudah memiliki nama atau memang dikenal memiliki pelanggan yang banyak. “Kalau yang punya merek sendiri kemungkinan akan bisa,” ujarnya. Selain itu, tambah Erwin, kemitraan ini bisa dijalankan jika memperhatikan beberapa hal penting, diantaranya rasa, topping, lokasi, dan jenis kemitraan yang ditawarkan. “Dalam menawarkan kemitraan yang jadi hal utama itu lokasi dan jenis kemitraan yang ditawarkan harus tepat semisal harus mencari lokasi yang pelaku usaha martabaknya masih sedikit. Kalau pun di suatu lokasi sudah banyak penjual martabak harus mengusung konsep tempat usaha yang menarik semisal membuat cafe martabak, atau yang lainnya,” tuturnya.