JAKARTA. Industri produk onderdil otomotif di segmen aftermarket, memiliki peluang pertumbuhan yang besar. Khususnya yang mengacu pada kebutuhan penggantian onderdil kendaraan pasca pembelian. Pasalnya, lebih dari 11 juta kendaraan penumpang akan habis masa garansi perawatannya pada tahun 2020. Mengacu hasil studi terbaru Ipsos Business Consulting, diperkirakan terjadi pertumbuhan populasi kendaraan yang habis masa garansinya hingga 9,7% per tahun sepanjang 2015-2020. Ipsos menyoroti bahwa segmen produk aftermarket memberikan peluang bagi produsen lama maupun baru. Namun, bersamaan dengan itu juga terdapat sejumlah tantangan. Salah satu tantangan yang paling menonjol adalah pentingnya mengidentifikasi mitra distribusi yang paling tepat.
Bisnis onderdil aftermarket diproyeksi naik pesat
JAKARTA. Industri produk onderdil otomotif di segmen aftermarket, memiliki peluang pertumbuhan yang besar. Khususnya yang mengacu pada kebutuhan penggantian onderdil kendaraan pasca pembelian. Pasalnya, lebih dari 11 juta kendaraan penumpang akan habis masa garansi perawatannya pada tahun 2020. Mengacu hasil studi terbaru Ipsos Business Consulting, diperkirakan terjadi pertumbuhan populasi kendaraan yang habis masa garansinya hingga 9,7% per tahun sepanjang 2015-2020. Ipsos menyoroti bahwa segmen produk aftermarket memberikan peluang bagi produsen lama maupun baru. Namun, bersamaan dengan itu juga terdapat sejumlah tantangan. Salah satu tantangan yang paling menonjol adalah pentingnya mengidentifikasi mitra distribusi yang paling tepat.