JAKARTA. Ekonomi nan lesu mulai mengguncangkan bisnis makanan dan minuman. Kali ini, industri makanan siap saji mengalami tekanan penjualan karena daya beli konsumen turun akibat dari perlambatan ekonomi. Gambarannya, konsumen lebih mengutamakan mengkonsumsi barang pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari daripada mengkonsumsi makanan di restoran. Maklum, harga barang pokok sudah mulai naik. "Terjadi penurunan penjualan sekitar 5%-10%," kata Suzywati Alamindro, Chief Operational Officer PT Pendekar Bodoh, kepada KONTAN, kemarin malam. Awalnya, Pendekar Bodoh pemilik restoran D'Cost Seafood, menilai penurunan penjualan makanan karena faktor musiman seperti usai Lebaran konsumen akan jarang makan di restoran. Ternyata, ekonomi yang lesu cukup mendorong penurunan konsumen untuk makan di luar rumah. D'Cost sendiri memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan. Pertama, berinovasi sajian makanan. Kedua, menambah jumlah gerai. Misalnya, perusahaan akan menambah dua gerai setiap bulan untuk menjaring konsumen dari berbagai wilayah. D'cost mengincar lokasi baru yang memiliki tingkat keramaian tinggi serta berada di dalam pusat perbelanjaan.
Bisnis penjualan makanan cepat saji turun 5%-10%
JAKARTA. Ekonomi nan lesu mulai mengguncangkan bisnis makanan dan minuman. Kali ini, industri makanan siap saji mengalami tekanan penjualan karena daya beli konsumen turun akibat dari perlambatan ekonomi. Gambarannya, konsumen lebih mengutamakan mengkonsumsi barang pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari daripada mengkonsumsi makanan di restoran. Maklum, harga barang pokok sudah mulai naik. "Terjadi penurunan penjualan sekitar 5%-10%," kata Suzywati Alamindro, Chief Operational Officer PT Pendekar Bodoh, kepada KONTAN, kemarin malam. Awalnya, Pendekar Bodoh pemilik restoran D'Cost Seafood, menilai penurunan penjualan makanan karena faktor musiman seperti usai Lebaran konsumen akan jarang makan di restoran. Ternyata, ekonomi yang lesu cukup mendorong penurunan konsumen untuk makan di luar rumah. D'Cost sendiri memiliki strategi untuk meningkatkan penjualan. Pertama, berinovasi sajian makanan. Kedua, menambah jumlah gerai. Misalnya, perusahaan akan menambah dua gerai setiap bulan untuk menjaring konsumen dari berbagai wilayah. D'cost mengincar lokasi baru yang memiliki tingkat keramaian tinggi serta berada di dalam pusat perbelanjaan.