Bisnis Produk Kecantikan Dalam Negeri Mulai Didominasi Pelaku UMKM



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Masa pandemi Covid-19 banyak membuat bisnis tiarap. Kendati demikian, besarnya potensi pasar industri kecantikan tak membuat usaha di bidang itu ikut tergoncang. Malah, banyak perusahaan baru yang muncul di tengah gelombang Covid.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), peningkatan jumlah pelaku usaha di industri kosmetik tersebut didominasi oleh sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yakni sebesar 83%. Produsen skincare dan kosmetik lokal bahkan berhasil meningkatkan mutu produk sehingga mampu bersaing, bahkan mengalahkan produk luar negeri. 

Salah satunya adalah Arvven Kosmetik, Maraknya peredaran produk kecantikan yang harganya selangit namun belum teruji keamanannya akhirnya membuat Nova Prastika bersama Ardhianto Porbo Hartono memutuskan membuat brand Arvven Kosmetik pada akhir tahun 2021.


Baca Juga: Ini 2 Cara Mengubah Username Shopee beserta Syaratnya

“Kami ingin membuat produk kosmetik yang berkualitas tinggi, bahkan berkelas internasional, namun dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat, sehinga bisa dinikmati oleh semua kalangan,” ujar salah satu owner Arvven Kosmetik, Nova Prastika Firdausi dalam keterangannya, Selasa (21/2).

Saat ini, sebagian besar produk Arvven berada di bawah Rp 50.000. Produk Arven pun banyak diminati dan membuat penjualan Arvven melejit cukup tinggi sejak awal kemunculannya.

“Menariknya, konsumen kami yang tadinya hanya sekedar menjadi pelanggan, karena merasa puas dengan kualitas Arvven,” klaim Nova.

Diketahui Arvven memang membuka program kemitraan, salah satu paketnya adalah dengan bermodalkan Rp 1,4 juta rupiah sudah mendapat 50 jenis produk dan boleh dicampur. Variasi produk yang banyak, mulai dari Sabun Batang, Deo Spray, Lip Serum, Acne Serum, Eau De Parfume, hingga Hair Serum bebas untuk dipilih oleh rekan kemitran Arven

Baca Juga: Spesial Ulang Tahun ke 11, Lazada Indonesia Hadirkan Kolaborasi Makeup Artist Ternama

“Untuk remaja, Ibu-ibu, bahkan bapak-bapak yang ingin menambah income sangat bisa menjadi mitra kami. Dengan harga yang terjangkau, menjadikan produk kami lebih mudah untuk dijual,” pungkas Nova.

Dalam menjalin kemitraan, Arvven juga memudahkan para mitranya dengan mendukung mereka melalui konten-konten promosi setiap harinya. Dengan demikian, para mitra tidak perlu bingung untuk membuat konten berjualan.

Sampai saat ini, Arvven telah banyak dipasarkan di beberapa wilayah di Indonesia, baik secara online maupun offline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli