Biznet Gencar Ekspansi Lewat Proyek Kabel Laut BNCS-1 & BNCS-2



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki usia ke-24, PT Supra Primatama Nusantara (Biznet) terus memperluas peran sebagai penyedia infrastruktur digital terintegrasi terdepan di Indonesia. 

Sebagai bagian dari komitmennya dalam membangun masa depan digital, Biznet berhasil mengoperasikan proyek kabel bawah laut pertamanya, Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1), yang telah menghubungkan Pulau Jawa, Sumatra, dan Bangka. Ini menjadi langkah besar dalam upaya menghadirkan akses internet yang lebih berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

BNCS-1 diluncurkan resmi pada Juni 2024, sebagai bagian dari visi Biznet untuk mengurangi kesenjangan digital di seluruh Nusantara. Dengan koneksi fiber optic yang kini melintasi Jawa, Sumatra, dan Bangka.


Artinya masyarakat di wilayah-wilayah tersebut kini dapat menikmati layanan internet berkecepatan tinggi, dengan bandwidth hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home dan hingga 900 Mbps untuk Biznet Metronet, khusus bagi UKM.

Baca Juga: Jumlah Pelanggan Biznet Telah Mencapai Sekitar 600 Ribu per September 2024

Namun, inovasi Biznet tidak berhenti di sini. Dalam rencana ekspansi berikutnya, Biznet kini bersiap untuk memulai proyek Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2). Kabel bawah laut ini akan semakin memperluas cakupan jaringan fiber optik Biznet ke berbagai pulau lainnya di Indonesia. 

Menurut Adi Kusma, President Director Biznet, proyek BNCS-2 merupakan langkah penting untuk mewujudkan internet yang lebih merata dan andal di seluruh negeri, menghubungkan lebih banyak daerah dan memungkinkan masyarakat menikmati konektivitas yang cepat dan stabil.

“Dalam 24 tahun perjalanan kami, inovasi terus kami lakukan untuk memastikan masyarakat Indonesia mendapatkan akses internet berkualitas yang merata. Melalui BNCS-1 dan segera BNCS-2, kami ingin menghadirkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor,” kata Adi dalam perayaan ulang tahun Biznet ke-24 di Jakarta, Rabu (2/10).

Baca Juga: Jaringan Internet Biznet Telah Tersedia di Lebih dari 180 Kota

Saat ini, jaringan Biznet Fiber sudah terbentang lebih dari 100,000 KM dan mencakup lebih dari 3 juta homepass di lebih dari 180 kota, termasuk di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, hingga Flores dan Timor. 

Dengan ambisi untuk terus memperluas jaringan, Biznet juga menawarkan layanan yang lebih terjangkau di kota-kota second dan third-tier, mendukung perkembangan UKM dan memudahkan akses ke layanan internet berkualitas.

Pada ulang tahunnya yang ke-24, Biznet juga memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan promo spesial berupa upgrade bandwidth 150 Mbps secara gratis untuk seluruh pelanggan Biznet Home. Langkah ini diharapkan semakin mendukung kebutuhan digital masyarakat yang semakin kompleks di era teknologi ini. 

Baca Juga: Pebisnis Internet Bidik Pelanggan Baru dari Luar Jawa

Pada usia 24 tahun ini pun Biznet juga akan menghadirkan inovasi dalam mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi dengan PT AEON Credit Service Indonesia (AEON) untuk meluncurkan Co-Branding Credit Card di kuartal keempat 2024 dimana dengan kolaborasi ini, Biznet menjadi ISP (Internet Service Provider) pertama yang menjadi partner Co-brand Kartu Kredit di Indonesia. 

Melalui kerja sama ini, Biznet dan AEON meyakini dapat memperluas layanan kedua belah pihak dan memberikan kemudahan pembayaran bagi pelanggan Biznet dengan keuntungan menarik yang ditawarkan melalui Kartu Kredit Biznet.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan dan mitra atas dukungan mereka selama ini. Kami akan terus berinovasi dan memperluas jaringan kami agar internet yang cepat dan stabil dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat,” pungkas dia.

Selanjutnya: Oversupply Industri Baja Tak Ganggu Ekspor Batubara ke China

Menarik Dibaca: 8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati