Blibli Perkuat Komitmen Excellence Operations dan Sustainability Jelang HUT ke-11



KONTAN.CO.ID - Jelang puncak perayaan ulang tahun yang ke-11, Blibli memastikan kesiapan operasional perusahaan dalam memenuhi pesanan untuk menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja. Untuk menghantarkan operational excellence di tiap lini, sudah pasti warehouse dan logistics Blibli menjalankan peran penting. BES Paket sebagai in-house logistics Blibli, mulai hari ini akan didukung moda transportasi eco-friendly yang siap perkuat armada kurir Blibli untuk mengirim produk fresh and frozen khususnya di area Jabodetabek.

“Blibli, sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terpercaya dengan ekosistem terintegrasi, dalam 11 tahun perjalanannya melayani Indonesia, terus memberikan kualitas produk, layanan, yang berkelanjutan disertai inovasi tanpa kompromi yang berpusat pada kepuasan pelanggan. Didukung dengan komitmen dalam memberikan pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli, kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman retail terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujar Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli.

Lisa menambahkan, Blibli menjamin setiap pesanan dikirim dengan aman dan cepat untuk menjaga barang tetap dalam kualitas terbaik sampai di tangan pelanggan, sekaligus menjadi keunggulan Blibli dibanding pelaku e-commerce lainnya. Dalam hal ini, Blibli menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli yang memiliki 14 warehouses  yang beroperasi 24 jam dengan total luas lebih dari 130,000 m2, 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman.


Blibli pun terus berinovasi dalam menyediakan layanan logistiknya melalui berbagai layanan bernilai tambah seperti gratis ongkir, solusi pengiriman 2 Jam Sampai, trade-in dan scheduled delivery. hingga kebijakan retur dengan rentang waktu sampai 15 hari. Blibli juga berkolaborasi dengan  20 mitra logistik untuk memberi pilihan metode pengiriman yang lebih luas bagi pelanggan. Semua upaya ini Blibli lakukan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan lebih bagi pelanggan di seluruh daerah di Indonesia.

Perkuat sustainable business, Blibli hadirkan alat transportasi eco-friendly untuk armada kurir

Pemerintah menargetkan untuk mengurangi gas rumah kaca seperti CO2 hingga 29% pada 2030 sesuai Paris COP 21. Hal tersebut dilakukan salah satunya melalui Program LCEV (Low Carbon Electric Vehicle) untuk mencapai bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada 2025 dan 31% di 2030 serta mendorong industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor sesuai dengan tren global.

Memahami hal tersebut, sebagai e-commerce yang konsisten menjalankan sustainable business, Blibli berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional yang dilakukan. Dalam hal ini, Blibli telah menjalankan kegiatan logistik yang ramah lingkungan melalui desain warehouse yang hemat listrik, penggunaan e-forklift, pengelolaan air secara efisien dengan rain water tank, serta pemanfaatan limbah kardus yang didaur ulang menjadi wrapping paper.

Kini, menegaskan komitmennya sebagai sustainable e-commerce dengan prinsip ESG, Blibli resmi memperkenalkan e-bike ramah lingkungan yang akan mendukung kegiatan operasional perusahaan. Penyediaan e-bike ini sendiri merupakan hasil kerja sama antara Blibli dengan Smoot Motor Indonesia, pionir motor listrik tanpa cas di Indonesia.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan. Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami,” tutup Lisa.

Baca Juga: Gandeng Smoot Motor, Blibli Punya Puluhan Unit Motor Listrik untuk Layanan Pengiriman

Baca Juga: Perkuat bisnis, Blibli akan hadirkan gudang baru di Balikpapan

Tentang Blibli

Didirikan pada tahun 2011, Blibli, dimiliki dan dioperasikan oleh PT Global Digital Niaga (“GDN”), platform omnichannel commerce dan gaya hidup Indonesia terpercaya yang berfokus pada menghadirkan pengalaman omnichannel yang mudah dan terintegrasi. Dengan pengembangan teknologi yang solid, infrastruktur yang kuat, dan layanan pelanggan yang memenangkan penghargaan, Blibli terkenal dengan jaminan kepuasan pelanggan dan mencatat skor NPS tertinggi di industri  e-Commerce. Bisnis Blibli dimulai dengan B2C dan berkembang menjadi B2B, B2B2C, dan B2G, menawarkan berbagai produk dalam 20 kategori, dari bahan pangan, elektronik konsumen, rumah & tempat tinggal, utilitas hingga perjalanan dan gaya hidup. Blibli memperkuat kategori barang konsumsi dan gaya hidup dengan akuisisi Ranch Market oleh GDN masing-masing pada tahun 2021 dan Tiket.com pada tahun 2017.

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, Blibli telah membangun infrastruktur yang solid berupa pergudangan dan logistik. Saat ini Blibli memiliki 14 gudang dan 33 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia dan didukung oleh armada pengiriman sendiri, BES, dan juga bekerja sama dengan 20 mitra logistik. Blibli didukung oleh lebih dari 100.000 mitra bisnis merchant, dan menerima beragam metode pembayaran dari 21 mitra Bank, kartu kredit, fintech, dan menawarkan solusi Blibli PayLater yang diluncurkan melalui perusahaan asosiasinya, Cermati Fintech Group. Blibli juga merupakan satu-satunya platform e-Commerce yang terintegrasi dengan platform embedded banking-as-a-service (BaaS), Blu, yang disediakan oleh PT Bank Digital BCA, anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti