KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform e-commerce Blibli mencatat permintaan kebutuhan dapur dan produk kategori ibu dan anak terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018. Pandemi Covid-19 yang telah mengubah pola perilaku masyarakat, termasuk dalam memenuhi kebutuhan pokok, semakin mendongkrak penggunaan e-groceries di Indonesia. Kondisi ini juga tergambar dari data Google Trend yang menunjukkan terjadi peningkatan pencarian bahan pokok sebesar 24% pada Q1-2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Studi dari McKinsey & Company juga menyebutkan bahwa lebih dari 60% konsumen di Indonesia berniat terus menggunakan berbagai metode belanja baru setelah pandemi Covid-19 mereda. Merujuk studi yang sama, pengintegrasian toko online dan offline atau yang dikenal dengan omnichannel juga semakin diminati oleh konsumen. Kenyamanan berbelanja dengan konsep "buy online, pick up in-store" dinilai menjadi salah satu alasan dibalik pertumbuhan e-groceries di Indonesia.
Blibli Perkuat Layanan Click & Collect dan Bliblimart
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform e-commerce Blibli mencatat permintaan kebutuhan dapur dan produk kategori ibu dan anak terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018. Pandemi Covid-19 yang telah mengubah pola perilaku masyarakat, termasuk dalam memenuhi kebutuhan pokok, semakin mendongkrak penggunaan e-groceries di Indonesia. Kondisi ini juga tergambar dari data Google Trend yang menunjukkan terjadi peningkatan pencarian bahan pokok sebesar 24% pada Q1-2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Studi dari McKinsey & Company juga menyebutkan bahwa lebih dari 60% konsumen di Indonesia berniat terus menggunakan berbagai metode belanja baru setelah pandemi Covid-19 mereda. Merujuk studi yang sama, pengintegrasian toko online dan offline atau yang dikenal dengan omnichannel juga semakin diminati oleh konsumen. Kenyamanan berbelanja dengan konsep "buy online, pick up in-store" dinilai menjadi salah satu alasan dibalik pertumbuhan e-groceries di Indonesia.