KONTAN.CO.ID - Sebagai upaya peningkatan daya saing strategis perusahaan melalui keterlibatan sumber daya manusia (SDM) agar tangkas dan memiliki etos kerja integritas dalam menghadapi dinamika industri saat ini dan masa depan, PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’; ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) kembali menyelenggarakan Blibli Tiket Learning Day (BOLD) Festival bagi karyawan di ekosistem Blibli Tiket–Blibli, tiket.com, Ranch Market dan Dekoruma—dengan mengusung tema ‘Transformation & Growth’. BOLD Festival 2024 menghadirkan lebih dari 24 pembicara nasional dan internasional, dari beragam industri dan latar belakang, termasuk Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri (2014-2024) Retno Marsudi, dan Stephen M.R. Covey, pembicara publik internasional di bidang Kepercayaan, Kepemimpinan, Budaya (Global Authority on Trust, Leadership and Culture), mantan CEO Covey Leadership Center dan juga penulis buku best seller versi New York Times "Trust & Inspire". Festival belajar yang dilakukan secara hybrid ini diikuti ribuan karyawan ekosistem Blibli Tiket di seluruh Indonesia. Terdapat enam kelas tematik (Bisnis, Teknologi, Logistik & Pergudangan, Keberlanjutan, Kepemimpinan, juga Pengembangan Diri) yang bebas dipilih peserta sesuai kebutuhan juga minat untuk mengasah keterampilan untuk menghadapi tantangan profesional sehari-hari.
Hadir sebagai pemateri utama (keynote speech), Luhut Panjaitan menceritakan pengalaman ketika mengemban tugas memimpin transformasi ekonomi yang melibatkan kebijakan berbagai sektor. Ia juga membagikan pendekatan 4R, yakni Rasio, mengutamakan logika dan melibatkan talenta muda untuk keputusan strategis; Rasa, yakni menunjukkan sisi humanis dalam memimpin; Raga, menjaga jiwa dan tubuh yang sehat, serta Religi, berpegang pada nilai-nilai ketuhanan dalam setiap langkah. Sementara itu, figur inspiratif lainnya, Retno Marsudi mengungkap pentingnya menjaga integritas dan tanggung jawab moral dalam mengelola situasi kompleks. Kehadiran Retno Marsudi pada acara BOLD Festival tidak hanya berbagi pengalaman dalam menangani urusan diplomatik antarnegara, namun memberikan inspirasi tentang peran perempuan dalam berbagai hal termasuk dunia kerja. Sosok inspiratif lainnya adalah Stephen MR Covey yang merupakan penulis buku best-seller “Trust & Inspire”, mengungkap pentingnya budaya memahami daripada hanya dipahami. Dengan terbiasa berempati dan mendengarkan masukan, pemimpin dapat menciptakan lingkungan yang berfokus pada solusi. Sementara itu, Covey juga menyoroti pentingnya pemimpin yang tidak hanya mengandalkan keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan untuk membangun dan menjaga kepercayaan dengan tim mereka. Sederet pembicara lain yang turut berpartisipasi dalam festival pembelajaran diantaranya Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja; Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi; Co-founder Bicara Udara dan Chairperson of Paloma Sjahrir Foundation, Ratna Kartadjoemena; Direktur Paxel dan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita; Co-founder & CEO Nodeflux, Meidy Fitranto; hingga CEO Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano. Penyelenggaraan BOLD Festival 2024 sejalan dengan temuan riset terkini oleh World Economic Forum dalam Future of Jobs Report 2023, yang mengungkap kepemimpinan, adaptabilitas, dan pembelajaran berkelanjutan sebagai elemen kunci yang perlu diasah talenta agar menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan berdaya saing. Sandra Kumalasari Dinata, Group Head of Human Capital Blibli, mengatakan, “Melalui gelaran BOLD Festival 2024, kami berupaya mengasah kompetensi dan wawasan karyawan di ekosistem Blibli Tiket, seraya mempertajam kompetensi juga karakter karyawan yang mencakup customer first, act fast and practical, be the solution, juga commit to continue improvement agar siap menghadapi dinamika industri yang semakin kompetitif. Kami mengharapkan melalui kegiatan ini, karyawan tidak hanya fokus pada isu-isu pekerjaan, namun juga memperluas perspektif bahkan wawasan baru sesuai dengan minat dan bakat mereka.” “Tidak hanya itu, dengan belajar dari para praktisi, karyawan bisa lebih resilien, sigap juga tangguh dalam bekerja. Bagaimanapun, mereka memegang peranan kunci dalam mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, dan merealisasikan visi perusahaan menjadi omnichannel commerce pilihan pelanggan dan institusi,” tutup Sandra. Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) Berdiri sejak tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terkemuka di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan– Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan ratusan toko-toko fisik elektronik konsumen untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka. Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan ribuan toko yang mengadopsi solusi omnichannel Perseroan, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, serta didukung oleh infrastruktur rantai pasok yang kuat, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dengan menyediakan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan– BES Paket, dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL). Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia. Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (penyedia platform agen perjalanan daring (OTA)– tiket.com untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”)- perusahan pengelola lusinan gerai supermarket premium dengan merek seperti Ranch Market dan Farmers Market. Pada tahun 2024, Perseroan mengakuisisi PT Dekoruma Inovasi Lestari (“Dekoruma”)– sebuah perusahaan pialang ritel furnitur, desain interior, dan properti O2O terkemuka di Indonesia, untuk memperluas cakupan Perseroan pada kategori produk home and living. Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com, Ranch Market, dan Dekoruma di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Selanjutnya pada tahun 2023, ekosistem Blibli Tiket meluncurkan program loyalitas terpadu bernama Blibli Tiket Rewards, yang menawarkan berbagai program loyalitas yang terintegrasi kepada seluruh pelanggan di dalam ekosistem, termasuk platform e-commerce, platform OTA, toko fisik elektronik konsumen dan gerai supermarket. Saham Perseroan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham “BELI”.
Baca Juga: Jangan Lewatkan Blibli Fashion Fest! Agenda Akhir Pekan Keluarga 1-3 November 2024 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti