Blibli.com dukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui promosi destinasi prioritas



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’.

Disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto, kedua pihak berkomitmen untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dan penyaluran produk serta jasa berbasis online.

Baca Juga: Sampai akhir tahun, Blibli targetkan 20 warehouse berdiri


Blibli.com melalui kategori Blibli Travel akan mendukung promosi 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata lainnya. Beberapa destinasi dan kawasan tersebut seperti Danau Toba, Borobudur dan sekitarnya, Labuan Bajo, hingga Wakatobi dan Morotai. Melalui situs dan aplikasi Blibli.com, mal online ini akan membuat situs mikro dan desain khusus untuk ‘Wonderful Indonesia’.

Plt. Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata.

Pihaknya menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com dalam mendukung ‘Wonderful Indonesia’ melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online.

"Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh Blibli.com, kami yakin akan banyak potensi-potensi pelaku usaha yang bisa dikembangkan bersama.” katanya dalam siaran pers hari ini.

Baca Juga: Blibli bakal buka kanal baru layanan pelanggan melalui WhatsApp

Blibli.com akan mendukung pengembangan bisnis UMKM melalui rangkaian program pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pembekalan bagi UMKM untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produknya serta membawa bisnisnya ke ranah online.

Pada situs mikro ‘Wonderful Indonesia’, para pelanggan Blibli.com dapat mengakses produk-produk UMKM yang tersedia di area yang termasuk di dalam destinasi prioritas ini.

“Kami sangat senang dapat berkontribusi bagi perkembangan pariwisata Indonesia serta mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini. Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia,” ujar Senior Vice President Product Category Lay Blibli.com Ridwan Gautama.

Sebagai e-commerce lokal, kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha pariwisata. Blibli.com menyediakan mulai dari kebutuhan dasar pariwisata seperti tiket dan penginapan, produk UMKM lokal hingga  jasa layanan lokal lainnya. 

Baca Juga: Jadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi, ini kata Tokopedia

Oleh karena itu, UMKM lokal dapat memanfaatkan platform Blibli.com dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal dan mudah dijangkau.

Kategori produk Blibli Travel ini termasuk kategori yang masih baru di Blibli.com. Sejak diluncurkan tahun 2016, kategori ini telah mengalami pertumbuhan yang positif. Pada semester pertama 2019, kategori Blibli Travel telah berkembang hingga 300% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini