KONTAN.CO.ID - SURABAYA. PT Blue Bird Tbk. (BIRD) mengatakan bahwa secara historis kenaikan trafik penumpang di momen Natal dan Tahun Baru 2024/2025 bisa mencapai 30%. Panca Wiadnyana
VP Marketing BIRD sendiri tidak menetapkan target yang akan dipasang tahun ini, namun Perusahaan berharap dapat melampaui capaian 30% tersebut. "Sebenarnya siklus setiap daerah berbeda, misalnya daerah tujuan wisata pada awal Desember itu tidak terlalu ramai, tapi menuju pertengahan Desember dan awal Januari, lompatannya bisa lebih dari 30%," urainya kepada Kontan saat ditemui di Surabaya, Selasa (3/11).
Melihat siklus tersebut, selain menargetkan trafik penumpang, BIRD juga bersiap-siap menambah jumlah armadanya. Asal tahu saja, tahun ini BIRD menargetkan armada total 2.000 unit termasuk dengan unit mobil listriknya.
Baca Juga: Cititrans Bakal Tambah Armada Dua Kali Lipat untuk Sambut Nataru Panca menyatakan bahwa penambahan armada masih terus dilakukan dan berjalan. Perseroan berharap, di momen Nataru 2024/2025 kenaikan trafik penumpang dapat melampaui angka 30%, terutama untuk beberapa daerah di Jawa Timur. Asal tahu saja, pada periode Januari-September 2024. BIRD mencatatkan pendapatan sebesar Rp 3,66 triliun, atau meningkat 13% secara
Year-on-Year (YoY) pada kuartal III 2024. Raihan kinerja positif ini ditopang pendapatan di kuartal III 2024 yang sebesar Rp 1,3 triliun. Pendapatan di periode Juli-September 2024 tersebut naik 11% secar
a quarter-on-quarter (QoQ) dan 17% secara YoY. BIRD juga mencatatkan laba sebesar Rp 442 miliar per kuartal III-2024 atau naik 20% YoY. Pada basis kuartalan (QoQ), laba bersih BIRD juga menunjukkan peningkatan signifikan menjadi Rp 176 miliar, naik 69% dibandingkan kuartal III 2023 dan 18% dibandingkan kuartal II 2024. Pertumbuhan ini sejalan dengan peningkatan kinerja di seluruh segmen bisnis. Layanan taksi mencatat pertumbuhan 11% secara YoY.
Pertumbuhan tersebut didukung oleh pertumbuhan pengguna aplikasi MyBluebird yang melonjak lebih dari 4 kali lipat sejak 2020. Selain Jakarta, kota-kota operasional seperti Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya juga menunjukkan perkembangan yang signifikan. Sementara itu segmen rental, shuttle, dan layanan lainnya meningkat 20,7% secara YoY. Di kuartal III 2024, aktivitas bisnis Bluebird ditandai oleh ekspansi dan diversifikasi layanan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Layanan Bluebird, Goldenbird, dan Cititrans hadir di Balikpapan dan Samarinda seiring dengan meningkatnya kebutuhan mobilitas di kawasan sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).
Baca Juga: Sambut Nataru, Cititrans Busline Tambah Armada dan Rute Baru Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tri Sulistiowati