Blue Bird, Pusaka Satria, dan Dian Taksi Resmi Jadi Taksi Gambir



JAKARTA. Bagi Anda pengguna taksi di kawasan stasiun Gambir, Jakarta Pusat, kini bisa lebih mantap memilih jasa taksi. PT Kereta Api (Persero) telah menetapkan tiga perusahaan taksi yang beroperasi secara resmi di kawasan stasiun tersebut. Ketiganya adalah Blue Bird, Pusaka Satria, dan Dian Taksi sebagai taksi khusus Stasiun Gambir.

Ketiga operator taksi tersebut telah melewati proses tender yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api beberapa waktu lalu. Perusahaan kereta api tersebut menenderkan operator taksi dalam rangka menertibkan dan menata ulang stasiun tersebut. Menurut Kepala Humas Daerah Operasi (DAOP) I PTKA Sugeng Priyono, pihaknya akan membenahi semua layanan yang ada di stasiun Gambir, termasuk taksi yang berseliweran di sana.

"Karena keterbatasan lahan parkir, maka jumlah operator taksi ini harus dibatasi. Hal itu dilakukan demi kenyamanan penumpang," kata Sugeng, di Jakarta, Selasa (23/2).


Sebetulnya, dalam proses tender, setidaknya ada 26 perusahaan yang ikut serta. Namun, PT Kereta Api menetapkan Blue Bird, Pusaka Satria, dan Dian Taksi sebagai pemenang tender. PT Kereta Api menilai, ketiga perusahaan tersebut bisa memenuhi standar persyaratan yang diminta PT Kereta Api.

Dengan adanya pembenahan tersebut, "Nantinya penumpang akan dikenakan biaya tambahan Rp 3.000 setiap kali menggunakan jasa taksi stasiun," kata Sugeng.

Selain membenahi taksi, Daerah Operasi I PT Kereta Api juga membenahi layanan parkir serta arus kedatangan dan keberangkatan penumpang. Selama ini, yang mengelola lahan parkir di stasiun Gambir adalah PT EZ Parking. Perusahaan tersebut membayar kontrak sewa lahan parkir sebesar Rp 530 juta per tahun kepada PTKA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test