Bluebird Perkuat Surabaya Jadi Kota Strategis, Pertumbuhan & Mobilitas Berkelanjutan



KONTAN.CO.ID - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) menegaskan posisi strategis Surabaya sebagai salah satu pusat operasional utama dalam mendukung mobilitas berkelanjutan. Hingga Oktober 2024, jumlah pengguna Bluebird di Surabaya mengalami peningkatan sebesar 75% sejak akhir tahun 2023. Pertumbuhan ini tidak lepas dari transformasi digital Bluebird yang didukung dengan adopsi teknologi yang semakin optimal di masyarakat Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan signifikan pengguna aplikasi MyBluebird sebesar 68% selama 2024, menjadikannya kanal kedua paling populer untuk pemesanan layanan Bluebird.

Panca Wiadnyana, VP Marketing PT Blue Bird Tbk, mengatakan, “Pertumbuhan bisnis yang positif ini menunjukkan kepercayaan yang semakin besar dari masyarakat terhadap layanan Bluebird yang aman dan andal di kota ini. Kami selalu berupaya menghadirkan inovasi untuk tetap relevan dengan berbagai segmen pelanggan. Penyempurnaan dari sisi operasional, armada, dan variasi layanan juga konsisten dilakukan untuk menghadirkan solusi mobilitas dengan Standar Nyaman Indonesia (SNI) bagi masyarakat Surabaya.”

Surabaya dikenal dengan ragam layanan mobilitas yang ditawarkan oleh Bluebird, mulai dari taksi reguler, Bluebird; layanan penyewaan mobil, Goldenbird; bus pariwisata, Bigbird; logistik, Bluebird Kirim; serta layanan shuttle dan bus antar kota, Cititrans. Hingga kini, jumlah armada di Surabaya mencapai 680 kendaraan, termasuk 265 kendaraan berbahan bakar gas atau CNG sebagai bentuk komitmen untuk menyediakan transportasi ramah lingkungan.


Untuk menjaga kualitas pelayanan SNI, standar operasional yang mumpuni juga terus dijalankan. Rito Sudarmawan – General Manager Bluebird Jawa Timur, menyampaikan, “Pool Surabaya selalu berinovasi dari sisi operasional untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Beberapa peningkatan yang dilakukan menerapkan budaya pelayanan prima sebagai SOP kami, pelatihan komunikasi bersama pengemudi, serta program keselamatan kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh armada kami selalu dalam kondisi terbaik dan penumpang bisa menikmati perjalanan mereka bersama Bluebird."

Kolaborasi Inisiatif Keberlanjutan dengan Rekosistem Sejalan dengan komitmen keberlanjutan BlueSky, Bluebird menjalin kemitraan dengan Rekosistem sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan sampah, dalam dua program penting di Surabaya. Program pertama adalah daur ulang ban bekas, di mana Bluebird akan menyerahkan 100 ban yang tidak terpakai untuk diolah sebagai bahan bakar alternatif atau minyak pirolisis ban. Melalui program ini, Bluebird dapat memonitor jumlah ban yang berhasil didaur ulang dan memastikan tidak ada limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah.

Program kedua adalah kelas upcycling plastik yang melibatkan karyawan Bluebird, di mana para peserta diajarkan cara mengelola limbah plastik dan mengubahnya jadi produk yang berguna, sekaligus menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menerapkan gaya hidup keberlanjutan di lingkungan kerja dan komunitas Surabaya. Langkah ini sejalan dengan visi Bluebird untuk mengurangi jejak karbon dan menciptakan dampak positif terhadap lingkungan.

“Dengan berbagai pencapaian dan inisiatif ini, Surabaya semakin memperkuat perannya sebagai kota kunci yang mendukung visi Bluebird menghadirkan mobilitas yang lebih berkelanjutan di setiap aspek operasionalnya,” tutup Rito.

Tentang PT Blue Bird Tbk

PT Blue Bird Tbk (BIRD) adalah perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang telah terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia sejak 5 November 2014.

Bluebird memiliki 20 anak perusahaan yang tersebar di 20 kota di Indonesia. Jaringan distribusi perusahaan yang ekstensif mencakup lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, serta berbagai saluran reservasi secara daring. Perluasan aksesibilitas kian diperkuat dengan aplikasi pemesanan MyBluebird yang memiliki puluhan fitur dan beragam metode transaksi untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan mobilitas pelanggan.

Integrasi bisnis Bluebird terdiri dari 7 pilar utama meliputi layanan taksi reguler, taksi eksekutif, sewa mobil, sewa bus, shuttle antarkota, pelelangan mobil, layanan logistik, serta jual-beli & perawatan kendaraan.

Baca Juga: BNI &Bluebird Perkuat Digitalisasi Pembayaran dengan QRIS di Seluruh Armada Bluebird

Selanjutnya: IHSG Berpotensi Lanjut Menguat, Cermati Pilihan Saham untuk Rabu (4/12)

Menarik Dibaca: Dorong Industri Film Lokal Berkembang, Netflix dan JAFF Gelar REEL LIFE Film Camp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti