BMKG: Wilayah Pesisir Utara Jateng Berpotensi Banjir Rob Besok, (6/8)



KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah (Jateng) memperingatkan adanya potensi banjir rob pada Selasa (6/8/2024). 

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Sediyanto mengatakan, banjir rob diprediksi terjadi mulai 09.00 hingga 12.00 WIB. 

"Mohon perhatian untuk wilayah pesisir untuk dapat melakukan antisipasi," jelas Sediyanto dalam keterangannya, Senin (5/8/2024).


Baca Juga: 19 Orang Meninggal dan 7 Orang Hilang Akibat Banjir Serta Longsor di Sumbar

Masyarakat di pesisir diminta waspada  

Dia menjelaskan, banjir rob tersebut disebabkan adanya aktivitas pasang air laut yang dapat memenuhi dinamika pesisir di Pantai Utara Jateng. 

"Ada aktivitas pasang air laut," paparnya. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat yang berada di pesisir Pantai Utara Jateng untuk lebih waspada setelah dikeluarkannya imbauan tersebut. 

"Waspada terhadap ketinggian pasang air laut maksimum," terang Sediyanto.

Menurutnya, fenomena tersebut dapat mengganggu aktivitas di sekitar pesisir seperti transportasi dan operasional di pelabuhan. 

"Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaannya dari dampak banjir rob," pungkasnya.

Baca Juga: Tingkatkan Konektivitas di Sumut, 30 Ruas Jalan Sepanjang 209 Km Dilakukan Perbaikan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banjir Rob Ancam Pesisir Utara Jateng pada 6 Agustus 2024, Masyarakat Diminta Waspada", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/08/05/140420578/banjir-rob-ancam-pesisir-utara-jateng-pada-6-agustus-2024-masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati