BNI belum siap masuk branchless banking



JAKARTA. Uji coba branchless banking akan segera dijalankan oleh Bank Indonesia (BI). Setelah memberi penjelasan pedoman umum uji coba aktivitas jasa sistem pembayaran dan perbankan terbatas melalui Unit Perantara Layanan Keuangan (UPLK) kepada perbankan, ternyata bank besar seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) belum akan masuk.

"Uji coba besok belum," sebut Direktur Ritel BNI Darmadi Sutanto, Selasa, (7/5).

Ia menyatakan bahwa BNI belum bisa berpartisipasi karena belum siapnya bank yang sudah beroperasi sejak 1946 tersebut. Padahal, uji coba branchless banking ini akan berlangsung mulai bulan Mei dan berakhir pada November nanti.


Darmadi mengaku, sebenarnya BNI pun sudah sedikit menjalankan branchless banking melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Namun ini bukan dalam bentuk pembukaan tabungan atau permintaan kredit. Melainkan baru melayani pembayaran listrik, air, atau hal-hal lainnya.

Untuk dapat menjalankan branchless banking yang dimaksud BI, BNI masih harus mengembangkan kemampuan produknya. Sehingga nanti semua masyarakat yang belum tersentuh akses terhadap perbankan pun bisa menikmati jasa layanan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: