BNI Berkomitmen Dukung Kebijakan BI



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI), mulai dari operasi moneter, sistem pembayaran, hingga makroprudensial. 

Dari sisi sistem pembayaran, terus menghadirkan kemudahan transaksi bagi nasabah ritel lewat layanan digital, terutama superapp Wondr By BNI

Per September 2024, jumlah pengguna Wondr sudah mencapai 17,9 juta, meningkat 14,8% secara tahunan atau year on year (YoY). Adapun transaksinya sudah mencapai 1,04 miliar transaksi atau naik 40,9%, dengan nilai transaksi yang meningkat 26,2% YoY menjadi Rp 1.104 triliun. 


Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, BNI akan terus meningkatkan kinerja secara berkelanjutan serta melanjutkan program transformasi yang telah berjalan sejak 2021. 

Ia bilang, BNI berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi yang solid dan berkelanjutan.

Baca Juga: Biaya Dana yang Tinggi akan Menekan Profitabilitas Perbankan hingga Akhir Tahun

”BNI melihat prospek perekonomian Indonesia akan lebih baik pada 2025 didorong oleh konsumsi dan investasi serta didukung oleh pengeluaran pemerintah yang lebih terarah,”kata Royke dalam keterangannya, Rabu (11/12). 

BNI juga turut memanfaatkan insentif kebijakan likuiditas makroprudensial (KLM) dengan memacu kredit ke sektor-sektor prioritas, termasuk industri hilirisasi.

Insentif KLM diberikan BI kepada perbankan berupa diskon penempatan giro wajib minimum (GMW) atas penyaluran kredit ke sektor-sektor prioritas yang ditetapkan BI

Hingga Oktober 2024, BI telah menggelontorkan insentif KLM ke perbankan sebesar Rp 259 triliun.

Atas dukungan sistem pembayaran, kebijakan makroprudensial, dan operasi moneter, BNI berhasil meraih 5 penghargaan sekaligus dalam Bank Indonesia Award 2024.

BNI meraih penghargaan terbanyak diantara perbankan lainnya, penghargaan tersebut antara lain Pendukung Pengembangan Pasar Uang Rupiah (Repo Award) untuk Area Moneter, Peserta SKNBI dan KPHDN terbaik serta BI Fast Terbaik untuk kategori KBMI 3 dan 4 di Area Sistem Pembayaran.

Baca Juga: BCA Digital Berkolaborasi dengan Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Co-Brand  

Di area Makroprudensial, BNI menjadi bank terbaik Pendukung Pembiayaan Inklusif. Sementara di area Pendukung Kebijakan, BNI meraih penghargaan sebagai Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Devisa Terbaik untuk KBMI 3 dan 4.

Menurut Royke, capaian itu menjadi bukti nyata atas dedikasi seluruh insan BNI dalam memberikan layanan perbankan terbaik.

“Ini akan memacu kami untuk terus berinovasi dan berkontribusi aktif dalam pengembangan sektor keuangan di Indonesia,” ujarnya.

Penghargaan yang diperoleh tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pada Bank Indonesia Award 2023, BNI meraih 3 penghargaan diantaranya Bank Konvensional Pendukung Inovasi Operasi Moneter Rupiah Terbaik, Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik, serta Bank Pendukung Pembayaran Inklusif Terbaik.

Selanjutnya: Penjualan Induk Zara Saat Awal Liburan Meningkat

Menarik Dibaca: 4 Tips Kesehatan untuk Para Ibu agar Tetap Bugar, Terapkan ya Moms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk
TAG: