JAKARTA. Kendati ekonomi diramal melambat, simpanan nasabah tajir diperkirakan bakal terus meningkat. Tak pelak, persaingan bank bisnis nasabah tajir (wealth menagement) bakal semakin ketat. Tahun ini, Bank Negara Indonesia (BNI) menyiapkan sederet amunisi untuk menggenjot bisnis nasabah kaya raya. Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer dan Ritel BNI, menyatakan, pihaknya membidik pertumbuhan dana kelolaan sebesar 30%. Hingga akhir tahun 2013, dana nasabah tajir yang tergabung dalam layanan BNI Emerald mencapai Rp 40 triliun. "Kami berharap bisa tumbuh hingga Rp 55 triliun di akhir tahun ini," jelas Darmadi, pertengahan pekan lalu. Strategi BNI menggapai target adalah meningkatkan pelayanan dan menambah produk. Saat ini, produk deposito mendominasi 70% dari total dana kelolaan BNI Emerald. "Tahun ini kami akan meningkatkan bancassurance," ujar Darmadi. Setali tiga uang, HSBC Indonesia getol menambah produk layanan wealth menagement demi menarik lebih banyak nasabah. Kemarin, HSBC meluncurkan produk Alpha Navigator. Ini adalah produk reksadana saham racikan Eastpring Investments. Lewat produk teranyar, HSBC berharap bisa memenuhi kebutuhan nasabah untuk mengembangkan investasi dalam jangka panjang.
BNI dan HSBC bidik basabah tajir
JAKARTA. Kendati ekonomi diramal melambat, simpanan nasabah tajir diperkirakan bakal terus meningkat. Tak pelak, persaingan bank bisnis nasabah tajir (wealth menagement) bakal semakin ketat. Tahun ini, Bank Negara Indonesia (BNI) menyiapkan sederet amunisi untuk menggenjot bisnis nasabah kaya raya. Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer dan Ritel BNI, menyatakan, pihaknya membidik pertumbuhan dana kelolaan sebesar 30%. Hingga akhir tahun 2013, dana nasabah tajir yang tergabung dalam layanan BNI Emerald mencapai Rp 40 triliun. "Kami berharap bisa tumbuh hingga Rp 55 triliun di akhir tahun ini," jelas Darmadi, pertengahan pekan lalu. Strategi BNI menggapai target adalah meningkatkan pelayanan dan menambah produk. Saat ini, produk deposito mendominasi 70% dari total dana kelolaan BNI Emerald. "Tahun ini kami akan meningkatkan bancassurance," ujar Darmadi. Setali tiga uang, HSBC Indonesia getol menambah produk layanan wealth menagement demi menarik lebih banyak nasabah. Kemarin, HSBC meluncurkan produk Alpha Navigator. Ini adalah produk reksadana saham racikan Eastpring Investments. Lewat produk teranyar, HSBC berharap bisa memenuhi kebutuhan nasabah untuk mengembangkan investasi dalam jangka panjang.